Serangan Udara Menghancurkan Masjid Di Suriah

 

Matamatanews.com, ALEPPO – Terjadi serangan udara yang menghancurkan sebuah masjid di provinsi Aleppo, Suriah pada jumat (17/3/2017). Serangan tersebut mengakibatkan 49 orang tewas dan yang lainnya mengalami luka-luka.

Menurut lembaga pemantau HAM Suriah (SOHR) yang berbasis di Inggris tersebut mengatakan bahwa serangan udara tersebut mengancurkan masjid Al-Jina yang terletak di Aleppo.

Saat serangan berlangsung, masjid tersebut sedang di penuhi oleh Jemaah yang sedang menunaikan salat isya, sebagian besar Jemaah tersebut merupakan warga sipil. Masjid tersebut berada di kawasan yang memang sedang dikuasai oleh kubu pemberontak.

Belum ada pihak yang bertanggung jawab atas penyerangan ini, namun pesawat-pesawat tempur Rusia dan Suriah sering terlihat mengudara di kawasan tersebut. Sementara itu pihak militer Amerika mengatakan telah melakukan serangan udara di Idlib, namun mereka membantah telah melakukan penyerangan terhadap sebuah masjid.

Departemen Pertahanan AS (Pentagon) membantah tudingan tersebut, mereka mengatakan tidak menyerang masjid, melainkan bangunan yang terletak di samping masjid. Bangunan tersebut merupakan tempat pertemuan kelompok teroris al-Qaeda.

Seperti yang dilansir Reuters, juru bicara Pentagon Kapten Jeff Davis mengatakan kemungkinan puluhan anggota al-Qaeda tewas dalam serangan tersebut. Selain itu ia juga menunjukan foto hitam putih yang menampilkan foto bangunan masjid masih utuh. (Atep/berbagai sumber)

 

sam

No comment

Leave a Response