Serangan Gencar Taliban Membuat Masyarakat Kehilangan Kepercayaan Pada Perdamaian

 

Matamatanews.com, KABUL—Akibat gencarnya serangan yang dilakukan kelompok Taliban, kini masyarakat kehilangan kepercayaan terhadap proses perdamaian yang tengah dibangun di Afghanistan. Untuk itu, juru bicara Istana Kepresidenan Sediq Sediqi kepada wartawan mengatakan meminta para pemberontak untuk melakukan gencatan senjata karena situasi dalam krisi pandemi COVID-19.

Sediqi mengatakan pemerintah Afghanista meminta Taliban untuk menghentikan kekerasan dan menyatrakan gencatan senjata karena COVID-19 akan melahirkan banyak tantangan.Dan sudah saatnya Taliban mempertimbangkan pandemi COVID-19 dengan serius, jika tidak mereka akan membayar berbagai kerusakan yang diciptakan itu.

 "Kita semua harus menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk orang-orang yang berisiko Covid-19, tetapi kekerasan Taliban tidak akan membiarkan kita melakukannya."

Ia mengatakan konsensus regional dan internasional menyebutkan bahwa Taliban harus mengumumkan gencatan senjata. Sediqi mengatakan gencatan senjata itu bukan hanya permintaan pemerintah Afghanistan tetapi juga negara-negara regional dan komunitas internasional untuk mencegah penyebaran virus korona di negara tersebut.

Ia mengatakan serangan Taliban menyebabkan orang kehilangan kepercayaan pada proses perdamaian yang sedang berlangsung. Dia mengatakan pemerintah Afghanistan berkomitmen untuk proses perdamaian dan telah mengambil langkah praktis dalam hal ini. (bar/bna)

redaksi

No comment

Leave a Response