Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu di Sumbang

 

Matamatanews.com, BANYUMAS—Desa Datar Kec.Sumbang Kabupaten Banyumas telah melaksanakan  Kegiatan Pembukaan Sekolah Lapang  Pengendalian Hama Terpadu Padi (SL PHT )  pada hari Rabu (18/9/2018).  Kegiatan yang diadakan di Balai pertemuan Pok Tani Sri Rejeki tersebut dimulai pukul 08.00 s/d 11.45 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya dinas Perkebunan kabupaten Banyumas Danang Widiarto, Kades Datar Warsito,  Koordinator POPT Kab. Banyumas Ratoto,  Koordinator BP3K Kec.Sumbang  Bambang, Bamin Wanwil Koramil 05/Sbg Pelda Jaka Irianto, Babinsa Datar Serda Suwarno, Babinkamtibmas Aiptu Joko.S, PPL Desa Datar Indra Kusuma, Koordinator POPT Kec. Sumbang  Krisna, Ketua Pok Tani Sri Rejeki Desa Datar Warsito beserta 30 anggota.

Dalam sambutannya Kades Datar Warsito mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada Pok Tani Sri Rejeki Desa Datar untuk belajar tentang OPT padi.

"Mudah - mudahan ilmu yg diberikan  bermanfaat bagi petani sehingga nantinya dapat diterapkan dilapangan untuk mengendalikan hama padi secara mandiri, " kata Warsito. "Kepada petani agar bersungguh sungguh dan tetap semangat dalam kegiatan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu Padi, " imbuhnya.

Sementara itu Danang Widiarto dari Dinas Perkebunan Banyumas menyampaikan  rasa terima kasih kepada Kades Datar yg telah berkenan menyediakan fasilitas untuk penyelenggaraan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu Padi (SL PHT ).

"Program SLPHT ini akan berlangsung selama 12 minggu dimulai dari awal tanam sampai dengan panen, saya berharap peserta yang sekarang hadir bisa menyelesaikan kegiatannya ini sampai akhir, " kata Danang.

 "Perlu diketahui bahwa  program SL PHT  padi bertujuan untuk mengamati pertumbuhan tanaman padi secara intensif, sehingga apabila ada gejala hama dapat di deteksi sedini mungkin untuk bisa di kendalikan perkembanganya, "imbuhnya. Manfaatkan kegiatan ini menurutnya untuk menambah ilmu dan wawasan bagi para petani terutama dalam pengendalian hama tanaman padi.

Koordinator POPT Kec. Sumbang Krisna

memandu jalanya Free Test (test awal)  guna mengetahui pemahaman awal para petani tentang OPT sebelum para petani mendapatkan materi yang lebih mendalam. Akhir dari kegiatan ini dilakukan penanaman pohon Refugi yang berfungsi untuk pengendalian hama hayati.*(jaka, hendro)

 

sam

No comment

Leave a Response