Sekjen PBB Sebut COVID-19 Sebagai Ancaman Keamanan Global Nomor Satu

 

Matamatanews.com, JAKARTA—Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres  mengatakan bahwa ancaman global nomor satu saat ini adalah virus korona. Hal disampai Guterres dalam sebuah jumpa pers pada hari Rabu (16/9/2020) lalu sebelum pekan tingkat tinggi Majelis Umum PBB dilangsungkan.

"Virus adalah ancaman keamanan global nomor satu di dunia kita saat ini," tegasnya.

Guterres menambahkan, ia akan mendesak untuk menghentikan semua konflik di seluruh dunia pada akhir tahun 2020.

"Dalam pidato saya di depan Sidang Umum pada hari Selasa, saya akan menyerukan kepada masyarakat internasional untuk mengerahkan semua upaya untuk gencatan senjata global menjadi kenyataan pada akhir tahun, "katanya.

Kini pandemi virus korona sudah tidak terkendali dan jumlah korbannya akan telah melampaui 1 juta, kata Antonio Guterres. "Segera, kita akan melewati tonggak paling menyedihkan: 1 juta nyawa hilang karena virus. Sementara itu, wabah tidak terkendali," katanya.

Menurut statistik terbaru, lebih dari 29.734.100 orang telah terinfeksi di seluruh dunia dan lebih dari 939.000 kematian telah dilaporkan. Hingga saat ini, 1.079.519 kasus virus korona telah dikonfirmasi di Rusia, dengan 890.114 pasien telah pulih dari penyakit tersebut. Data terbaru Rusia menunjukkan 18.917 kematian secara nasional. Sebelumnya, pemerintah Rusia menyiapkan hotline internet untuk memberi informasi kepada publik tentang situasi virus corona.

Debat Umum tingkat tinggi Sidang Umum PBB diadakan di PBB dari 22 September hingga 29 September. Tahun ini sebagian besar pidato akan dilangsungkan dalam format video.(bar/tass)

 

 

 

 

 

 

 

redaksi

No comment

Leave a Response