Sebuah Ledakan Terjadi Di Lapas Lhokseumawe

 

Matamatanews.com, ACEH – Sebuah bom rakitan meledak di Lembaga Permasyarakatan (LP) kelas II/A Lhokseumawe, Nanggroe Aceh Darussalam, Minggu (23/10/2016). Peristiwa yang terjadi pada pukul 14.20 WIB itu menghancurkan sebagian kecil dinding beton LP. Selain itu, ledakan mengakibatkan dua orang narapidana terluka serta satu diantaranya kritis, Kedua korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Ibu dan Anak di kota Lhokseumawe.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Hendri Budiman mengatakan, kejadian ini sengaja dilakukan oleh narapidana yang akan melarikan diri, namun pelaku sendiri kondisinya kritis akibat terkena ledakan bom itu sendiri.

Setelah terjadi ledakan, tim penjinak bom dari Kompi 4 Brimob Jeulikat mendatangi lokasi kejadian dan berhasil mendapatkan satu buah bom rakitan yang belum meledak. Bom tersebut dirakit dalam kaleng sarden berukuran panjang 10-12 sentimeter dan memiliki diameter 10 sentimeter.

Hendri menambahkan dari hasil penyelidikan dan barang bukti yang ditemukan di lokasi kejadian. Bom tersebut memiliki daya ledak yang rendah (low explosive), kemudian untuk memicu ledakan, pelaku memakai baterai dan sumbu yang diaktifkan dangan cara dibakar. Bom rakitan tersebut diletakan pada lubang pipa air minum yang terletak didapur lapas yang terhubung hingga keluar lapas.(Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response