Sebelum Musrenbangdes, Kades Karpi Blusukan Bina UMKM Dan Petani

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA - Kepala Desa Sirukun Karpi "blusukan", dengan mengadakan Pembinaan, pengembangan dan pemberdayaan kepada pelaku kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Baswara, yang berada di Kadus I RT 01 RW 02 Desa Sirukun, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara. Kedatangan kades disambut baik oleh ketua kelompok Wasirun Setiawan maupun pengurusnya. Rabu (1/9/2021).

UMKM Baswara sendiri berdiri satu bulan lalu, salah satu tujuannya adalah meningkatkan perekonomian rakyat. 

Dalam lawatannya Kades Karpi menjelaskan bahwa saat ini sektor pertanian terutama gabah/padi, harganya tidak standar dan pelaku UMKM belum optimal dalam memberikan kontribusi perekonomian di wilayah Desa Sirukun. 

"Potensi petani Desa Sirukun sangat tinggi, tapi sayang harganya anjlok. 

Kondisi inilah yang sedang kita giatkan agar petani dan pelaku UMKM dapat memberikan sentuhan dan berdampak penting terhadap perekonomian masyarakat kita," ujar Karpi.

Ditambahkannya, bahwa saat ini petani terpaksa menimbun hasil pertaniannya, mereka tidak bisa menjual dikarenakan harga gabah turun menjadi Rp 3500,/kg, padahal harga normalnya Rp 5000/kg.

"Ada 8 pelaku UMKM di daerah ini. Jika petani dan pelaku UMKM ini dalam kondisi sehat, tangguh dan mandiri tentunya akan meningkatkan taraf Ekonomi secara signifikan kepada masyarakat Desa Sirukun,"jelasnya.

Menurut Karpi Kepala desa yang menjabat dua periode ini, salah satu langkah yang dilakukannya adalah mendorong tumbuhnya ekonomi kerakyatan bagi pelaku UMKM dan petani dengan memilih bentuk usaha yang dapat mensejahterakan mereka.

"Oleh karena itu sebelum mengadakan musrenbangdes tahun 2022, kami atas nama pemerintahan Desa Sirukun turun ke lapangan, dan ini bukan sekedar pencitraan tapi untuk mengecek sekaligus memberikan penyuluhan dalam rangka memajukan UMKM. Salah satu bentuk usahanya adalah pembuatan getuk, roti, gender nasi kerupuk, akuarium dan lain lain. Sebenarnya banyak bidang usaha yang dapat dilakukan oleh masyarakat desa kita ini," tuturnya.

Karpi juga menegaskan bahwa pihaknya akan melaksanakan program pembinaan secara kontinyu agar pelaku UMKM benar benar bisa mandiri.(4cong/Jof/awi)

redaksi

No comment

Leave a Response