Sebanyak 633 Warga Saudi Tiba di Bandara Jeddah dari Jakarta dan Washington DC

 

Matamatanews.com, JEDDAH—Lebih dari 600 warga Saudi tiba di Arab Saudi pada Selasa (14/4). 478 orang tiba melalui bandara King Abdul Aziz, Jeddah, yakni 258 orang dari Jakarta dan 220 dari Washington DC. 

Dan 155 warga Saudi lainnya tiba melalui bandara di Riyadh dari New York dengan penerbangan khusus, yang diatur oleh pemerintah Arab Saudi untuk memastikan kembalinya semua warga negaranya yang terlantar di luar negeri dengan selamat setelah wabah penyakit coronavirus (COVID-19).

Mereka diterima oleh pejabat dari kementerian urusan luar negeri, pariwisata, kesehatan dan Otoritas Umum Penerbangan Sipil di bandara-bandara di Jeddah dan Riyadh.

Para penumpang ini harus menjalani 12 pemeriksaan pencegahan dalam tiga tahap, sebelum naik pesawat, di dalam kabin dan akhirnya pada saat kedatangan.

Kementerian Kesehatan telah mengalokasikan pos pemeriksaan di mana penumpang melewati kamera termal pada saat kedatangan. Bagi yang mencurigakan akan langsung dipindahkan dengan aman ke tempat yang telah ditentukan.

Penumpang juga diharuskan untuk membersihkan tangan mereka, sebelum memulai prosedur di paspor dan area pengawasan pabean, di mana jarak 1,5 meter harus dijaga antara penumpang dan petugas paspor.

Mereka kemudian diantar ke sebuah wisma yang telah dipersiapkan. Kementerian Pariwisata telah mengalokasikan lebih dari 11.000 kamar sejauh ini, di seluruh Arab Saudi untuk mengakomodasi jumlah warga Saudi yang baru pulang dari perjalanan ke luar negeri. Mereka akan diisolasi selama 14 hari, yang diawasi oleh Departemen Kesehatan.

Bus yang mengangkut penumpang yang tiba telah disediakan oleh Departemen Pendidikan dan dilengkapi dengan langkah-langkah dan layanan keselamatan.

Bagi warga Saudi yang ingin kembali ke Saudi dapat diajukan melalui platform khusus di situs web Kementerian Luar Negeri Saudi http://www.mofa.gov.sa/es.

Tiga bandara Saudi, Bandara Internasional King Khalid di Riyadh, Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah dan Bandara Internasional King Fahd di Dammam, telah dipersiapkan untuk menerima warga yang terdampar di berbagai belahan dunia.(cam/arab news)

redaksi

No comment

Leave a Response