SD IT Bina Insani Banjarnegara Mendidik Siswa Berakhlakul Karimah

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA—Di sekitar hamparan pesawahan yang hijau tepat berada di Desa Pucang RT 3 RW 1 Kec. Bawang, Banjarnegara, Jawa Tengah  berdirilah sekolah berbasis Islami Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Insani. Siang itu tampak sorak sorai kegembiraan siswa dalam kegiatan belajar mengajar ketika Matamatanews.com mengunjungi sekolah yang dipimpin Edi Susanto, SPd tersebut.

Saat ini baru sekitar 74 siswa dengan jumlah pengajar sebanyak 11 orang dan staff  TU 3 orang, sekolah ini bertekad mendidik dan membentuk para siswanya menjadi generasi muslim yang shaleh, pintar dan mandiri sesuai visi sekolah .Sekolah di bawah naungan Yayasan Bina Insani Banjarnegara ini menempati lahan 3950 m persegi. 

" Masih banyak yang harus kami benahi selain ruang kelas, kami juga perlu adanya Mushola, ruang laboratorium bahasa, juga ruang perpustakaan, " kata Edi Susanto kepada Matamatanews, Jum’at (5/10/2018) lalu.Edi menjelaskan tujuan didirikannya sekolah ini diantaranya : 

Pertama Karakter Keagamaan meliputi :memiliki pemahaman menyeluruh tentang Iman, Islam, dan Ihsan yang benar,tumbuh kesadaran menjalankan ibadah sholat, berdoa dan dzikir, senang membaca dan memahami Al Qur'an,hafal Al Qur'an juz 30, 29, 28 dan ayat pilihan,Hafal hadist hadist pilihan, tumbuh semangat berakhlakul karimah.

Adapun kedua karakter keilmuan, meliputi :Tumbuh kesadaran bersikap dan bertingkah laku berdasarkan pemahaman,tumbuh semangat belajar,  rasa  ingin tahu tinggi dan senang melakukan observasi dan eksplorasi,Tumbuh  sikap gemar membaca, menulis, berbicara, berfikir logis, kreatif dan inovatif.

Sedangkan Ketiga karakter Kemandirian meliputi :tumbuh jiwa Kepemimpinan, memiliki sikap kemandirian, dan trampil mengembangkan potensi sesuai minat dan bakat yang dimiliki.

" Dari tujuan di atas Insyaa Allah menghasilkan tamatan yang sholeh, pintar dan mandiri, " kata Edi.

Kurikulum yang dipakai menurutnya meliputi:Kurikulum Depdiknas ( K13),kurikulum Islam terpadu JSIT Indonesia yang terdiri dari Kurikulum Islam, dan  terpadu dan kurikulum melejitkan potensi diri ( English Club, arabic club, ekstra outbond, student day, gelar prestasi, gelar kreativitas). *( wisnu, hendro)

 

sam

No comment

Leave a Response