Satu Rumah Rusak Terdampak Tebing Longsor

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA- Curah hujan dengan intensitas tinggi di Kabupaten Banjarnegara mengakibatkan sebuah tebing setinggi lima meter longsor pada senin (19/10/2020). Sebuah rumah warga Desa Kebutuh Duwur, Pagedongan rusak parah akibat tertimpa longsoran tanah.

Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto, SH, SIK, MH, M.Si melalui Kapolsek Pagedongan Iptu Triatmojo Budi H mengatakan, tebing setinggi 5 meter dan lebar 5 meter longsor disebabkan hujan yang cukup deras mengguyur Desa Kebutuhduwur.

“Hujan dengan intensitas yang cukup deras mengguyur Desa Kebutuhduwur sekitar jam 10.30 WIB. Sekitar pukul 15.30 WIB korban Siswanto (55) mendengar ada suara di dapur, kemudian dia melihat tanah tebing bergerak,” jelas Kapolsek.

Akibat kejadian tersebut, material longsoran berupa tanah menutupi dapur rumah milik Siswanto. 

"Beruntung saat kejadian, penghuni rumah berhasil lari menyelamatkan diri,” ujar Iptu Triatmojo. 

Di lokasi yang berbeda pondasi setinggi delapan meter longsor mengakibatkan akses jalan antara Desa Kebutuhduwur dengan Desa Kebutuhjurang tertutup. 

“Pondasi bekas bangunan milik Sirun Susanto (51) yang ditimbun dengan tanah urug longsor, jadi menutup jalan,” terangnya. 

Kapolsek menghimbau agar masyarakat mewaspadai bencana karena intensitas curah hujan cenderung mengalami peningkatan. 

“Waspadai terhadap bencana alam di sekitar kita, agar tidak menimbulkan korban jiwa,” tuturnya. (Abidin/Javi/berbagai sumber)

 

 

redaksi

No comment

Leave a Response