Satu Juta Orang Lebih Dapat Manfaat dari Tes COVID-19 Massal di Arab Saudi

 

Matamatanews.com, JEDDAH—Dikutip dari laman Arab News, lebih dari satu juta orang di Arab Saudi telah mendapat manfaat dari tes massal COVID-19 sejak inisiatif ini diluncurkan lebih dari dua minggu lalu, kata seorang juru bicara Kementerian Kesehatan pada Senin (27/4/2020) kemarin.

Kunjungan lapangan sedang dilakukan untuk menegakkan kendali atas penyebaran virus di Kerajaan, di mana ada total 18.811 kasus.Dari 1.289 kasus baru yang dicatat pada hari Senin, 16 persen adalah Saudi dan 84 persen adalah ekspatriat. Ada 16.136 kasus aktif, 117 di antaranya dalam perawatan kritis.

Hari peluncuran skrining massal membantu mendeteksi 400 kasus awal bulan ini.

"Lebih dari satu juta orang telah mendapat manfaat dari pengujian massal yang dilakukan, apakah itu melalui tes medis atau evaluasi medis dan pengujian aktif," kata juru bicara kementerian itu, Dr. Mohammed Al-Abd Al-Aly. "Ini telah membantu mendeteksi daerah-daerah tertentu yang mungkin memiliki jumlah kasus yang tinggi, dan ini ditargetkan melalui pengujian massal tergantung pada apakah mereka dinyatakan positif atau tidak."

Al-Aly mengatakan ada 174 kasus baru yang dipulihkan, sehingga jumlah total pemulihan menjadi 2.531, sementara lima kematian baru telah dilaporkan, sehingga menambah jumlah korban menjadi 144.Dua orang Saudi, seorang wanita dan pria di Mekah, dan tiga ekspatriat berusia antara 43 hingga 82 meninggal. Mereka semua menderita penyakit kronis.

Al-Abd Al-Aly mengingatkan orang untuk terus mengikuti peraturan dengan menjaga kebersihan tangan, berlatih menjaga jarak sosial dan untuk tetap berada di dalam. 

Dia memperingatkan agar tidak memercayai apa pun yang bersumber dari kementerian tetapi tidak muncul di platform resmi apa pun, mengingatkan orang bahwa sesuatu yang resmi akan diumumkan di sana dan tidak melalui kelompok WhatsApp atau melalui pihak ketiga.(cam/arab news)

redaksi

No comment

Leave a Response