SATELIT CINA TERANCAM JATUH KE BUMI

 

Matamatanews.com,CINAStasiun luar angkasa (Satelit) milik Cina,Tiangong 1 yang diluncurkan pada 2011 lalu dikabarkan lepas kontrol dan diprediksi akan jatuh ke bumi pada tahun 2017 mendatang. Hal itu disampaikan pejabat Badan Antariksa Cina, Wu Ping, setelah satelit tersebut mengalami kendala teknis dan tidak dapat dikontrol lagi oleh badan antariksa mereka.

Belum diketahui secara pasti kapan satelit itu akan jatuh, tergantung dengan keadaan yang ada pada satelit tersebut. Menurut badan antariksa Cina, sebagian modul satelit akan hancur terbakar ketika memasuki atmosfer.

Jonathan McDowell pakar industry antariksa yang berasal dari Universitas Harvard mengatakan bahwa “ Salah satu bagian satelit itu terutama mesin roket yang sangat padat tidak akan mudah terbakar,  dan pecahan logam seberat 100 kg dapat memberikan efek buruk jika menghantam ke daratan.

Untuk meminimalisir risiko dan efek buruk yang timbul akibat jatuhnya satelit milik mereka, Badan Antariksa Cina telah melakukan riset tentang manajemen sampah misi luar angkasa. Dan mitigasinya pada satelit yang akan jatuh ke bumi. (Andro DP/Berbagai Sumber)

sam

No comment

Leave a Response