Sarin Senyawa Kimia Yang Dijadikan Senjata Mematikan

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Sarin atau GB merupakan senyawa organofosfat dengan rumus [(CH₃)₂CHO]CH₃PF. Digunakan sebagai senjata kimia karena potensi ekstrem sebagai agen saraf. Pada awalnya senyawa ini digunakan sebagai pestisida di Jerman, karena berbahaya pada 1993 penggunaannya dilarang.

Sarin dapat membunuh manusia dalam waktu satu menit jika tidak segera medapat perawatan. Berbentuk cairan jernih, tidak berbau, tidak berasa, sehingga sarin dapat dicampur ke dalam air dan makanan serta dapat menguap dalam bentuk gas. Maka, jika sarin terpapar di atmosfir dapat meracuni siapapun yang menghirupnnya.

Gejala yang ditimbulkan seperti sakit kepala, pandangan buram, kesulitan bernafas, muntah-muntah dan diare. Jika terpapar dalam jumlah tinggi dapat menghilangka kesadaran, tubuh kaku, kegagalan sistem pernapasan hingga kematian.

Pada 1988 sekitar lima ribu orang tewas ketika rezim Saddam Hussein menyerang perkampungan suku Kurdi, Irak Utara menggunakan sarin. Dan enam puluh lima ribu orang menderita sakit kulit serta saluran penapasan.

Di Jepang pada 1995, sekitar tiga belas orang tewas dan ribun lainnya cedera ketika serangan sarin di kereta bawah tanah Tokyo. (Adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response