Salahkan India, Pakistan Tunda KTT Negara – Negara Asia Selatan

 

Matamatanews.com.PAKISTAN—Jum’at (30/9/2016), Pakistan mengumumkan akan menunda pertemuan kepala negara – negara Asia Selatan pada bulan November mendatang. Dan menyalahkan India karena dianggap telah menyelewengkan proses kerjasama regional.

Keputusan ini diambil di tengah meningkatnya ketegangan antara Islamabad dan New Delhi terkait tuduhan bahwa Pakistan berada di balik serangan awal September di sebuah pangkalan militer India di wilayah Kashmir yang mematikan.

Sebelumnya India memutuskan untuk tidak menghadiri KTT Asosiasi Asia Selatan untuk Kerjasama Regional (SAARC), karena apa yang disebutnya aksi teroris lintas perbatasan, dibantah pemerintah Pakistan.

Juru bicara Kementria Luar Negeri Pakistan, Nafees Zakaria menyatakan Pakistan selaku tuan rumah KTT, menyesalkan keputusan yang diambil India untuk tidak hadir dalam perhelatan tersebut.

“ Semangat Piagam SAARC dilanggar ketika negara anggota meragukan adanya masalah bilateral pada forum multilateral untuk kerjasama regional,” ujar Nafees Zakaria.

India juga telah bertekad untuk berusaha secara diplomatis mengucilkan Pakistan dengan tuduhan mendukung kelompok – kelompok Islam di wilayahnya, yang berada di belakang serangan teroris di negara – negara tetangga.

Persaingan antara India dan Pakistan, sebagai dua negara terbesar SAARC, telah lama dipersalahkan sebagai penyebab tidak mampunya organisasi tersebut menjadi forum yang efektif dalam mengatasi masalah di wilayah – wilayah yang dilanda kemiskinan. Afghanstan, Bangladesh dan Bhutan juga telah menarik diri dari KTT, untuk mendukung keprihatinan India. (Adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response