Rusia Waspada Serangan Siber

 

Matamatanews.com, MOSKOW – Badan Intelijen Dalam Negeri Rusia (FSB) sedang berupaya menggagalkan rencana mata-mata asing untuk meretas sistem perbankan. FSB mengatakan bahwa serangan tersebut rencananya akan dilakukan pada tanggal 5 Desember mendatang. Sedangkan untuk targetnya, mereka mengincar beberapa bank besar dan bank kecil yang berada di kota Rusia.

FSB menambahkan,”Serang siber tersebut rencananya akan dilakukan dengan mengirimkan banyak pesan singkat dan publikasi di media sosial dengan nada provokatif terkait krisis di sistem perbankan Rusia, kebangkrutan dan penarikan lisensi”.

Menurut FSB, serang tersebut berpusat dari Belanda kemudian menggunakan akses dari perusahaan jaringan internet Ukraina, BlazingFast. Namun, tidak dijelaskan secara terperinci mata-mata negara mana yang akan melancarkan aksi tersebut.

Sementara itu, Direktur BlazingFast Anton Onoprichuk mengatakan bahwa perusahaannya tidak pernah dihubungi oleh pihak FSB ataupun badan intelijen lainnya. Ia menunggu informasi lebih lanjut agar perusahaannya dapat melakukan penyelidikan.

Rusia sendiri sedang dalam keadaan siaga tinggi terhadap serangan siber, terkait tudingan beberapa pejabat Amerika yang menuding Kremlin ikut terlibat dalam peretasan terhadap jaringan surat elektronik Partai Demokrat selama Pemilihan Umum Presiden berlangsung. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response