Rusia Mengaku Hanya Pasok Senjata ke Pemerintah Afghanistan, Bukan Taliban

 

Matamatanews.com, MOSKOW—Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova, pada hari Kamis (2/7/2020) kemarin mengatakan bahwa Rusia hanya memasok senjata kepada pemerintah Afghanistan, bukan kepada kelompok militan Taliban seperti yang diklaim Amerika Serikat.

"Rusia memasok senjata hanya kepada pemerintah Afghanistan yang sah, yang terkenal," tegas diplomat Rusia itu seperti dikutip Kantor Berita resmi Rusia, TASS.

"Dalam konteks ini, akan pantas untuk mengingat informasi yang secara aktif beredar di Afghanistan tentang dukungan layanan khusus AS untuk militan ISIL [nama mantan organisasi teroris Negara Islam yang dilarang di Rusia] oleh helikopter yang sangat tanpa identifikasi tanda-tanda, tentang yang kami bicarakan di briefing sekitar 18-24 bulan lalu, "kata Zakharova.

Memang sejauh ini Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo tidak pernah mengangkat masalah ini pada pertemuan dengan rekan-rekan Rusia, kata juru bicara itu.

Dalam konfrensi pers yang digelar pada hari Rabu (1/7/2020) lalu, Pompeo mengatakan bahwa Rusia bertindak bertentangan dengan kepentingan Amerika Serikat di Afghanistan dan diduga telah memasok senjata kecil ke negara itu selama sepuluh tahun hingga mengancam keselamatan personil militer negara paman Sam

Diplomat terkenal Amerika Serikat ini juga mengklaim bahwa ia telah banyak mengangkat masalah ini selama kontaknya dengan pihak Rusia.(bar)

redaksi

No comment

Leave a Response