Rusia Luncurkan Desain Pesawat Tempur Generasi Ke-5 Berbasis Kapal Induk

 

Matamatanews.com, RUSIA— Seperti dilansir harian Turki, Daily Sabah, produsen pesawat tempur Rusia MiG, pada haris Senin (26/7/2021) lalu baru saja memprosesa desain untuk jet tempur berbasis kapal induk generasi kelima yanag baru dengan “teknologi siluman.”.Kabarnya mereka berencana menawarkan prototipea pesawat dalam beberapa tahun ke depan.

Jet tempur kabarnya dirancang dengan mesin kembar yang memiliki tanda tangan radar yang dikurangi.Pesawat diharapkan menjadi pesawat verticle takeoff or landing (VTOL) hingga bisa dikerahkan di kapala induk.Ukuran sekitar pesawat tempur MiG-35.

Menurut RIA Novosti, yang mengutip sumber pertahanan Rusia, jet tempur itu akan diproduksi bersama dengan drone dengan berat lebih dari 10 ton. Kendaraan udara tak berawak (UAV) akan dibuat sesuai dengan skema "sayap terbang" dan akan digunakan dalam konsep "sayap setia". Ini akan digunakan untuk pengisian bahan bakar atau serangan bersama, menurut sumber di kompleks industri militer yang dikutip oleh kantor berita Rusia.

Sebelumnya dilaporkan bahwa industri pertahanan Rusia berencana untuk meningkatkan pesawat tempur generasi kelima Su-57 sehingga dapat ditempatkan di dek kapal induk. Namun, ide itu tidak dilaksanakan.

Angkatan Laut Rusia saat ini hanya memiliki satu kapal induk – kapal penjelajah pengangkut pesawat berat Admiral Kuznetsov – yang rusak dalam kecelakaan dermaga apung PD-50 pada Oktober 2018 dan kemudian pada Desember 2019 dalam kebakaran selama pekerjaan perbaikan di unit daya pertama. Saat ini sedang menjalani pekerjaan perbaikan terjadwal di halaman perbaikan kapal Zvezdochka di Severodvinsk, sebuah kota di utara Oblast Arkhangelsk.

Kapal tersebut diharapkan untuk memulai uji coba laut pada tahun 2022 dan akan dapat melayani selama 20 tahun lagi dengan perbaikan yang dilakukan. Kapal induk adalah kapal utama di kelas Kuznetsov dan awalnya diluncurkan pada tahun 1985.(cam)

redaksi

No comment

Leave a Response