Ribuan ATM di Jepang Dibobol, Miliaran Yen melayang

 

Matamatanews.com-JEPANG— Jepang sebagai salah satu Negara maju yang modern dan memiliki sistem pertahanan  cyber yang baik dibikin heboh. Tidak kurang dari dua jam uang sekitar 1.4 Miliar Yen (US$ 13 Juta) di curi dari ribuan ATM yang berada di Jepang.ATM yang di sasar adalah yang menerima kartu asing. Sasaran penyerangan ini menyasar ATM yang berada di Seven 7-Eleven yang tersebar di Jepang, totalnya ada 1400 anjungan tunai mandiri yang berhasil dijebol para hacker tersebut .

Kartu yang digunakan untuk menjebol tersebut menggunakan kartu kredit Afrika Selatan  palsu yaitu South African Standart Bank Grup. Kemungkinan pelaku yang terlibat di dalamnya sekitar 100 orang, dimana transaksi maksimal ATM yang ada di 7-Eleven   sebesar 100.000 yen (US$ 913) dengan menggunakan 1600 kartu palsu.

Pihak perbankan di Afrika Selatan mengungkapkan kerugian dari pembobolan ini mencapai US$ 20 juta, sementara dari pihak Jepang yang menyediakan ATM Seven Bank tidak mengalami kerugian dari insiden  ini. Aksi pencurian ini merupakan sinyal betapa berbahayanya pencurian perbankan ang dilakukan secara simultan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Untuk itu,dibutuhkan keamanan yang baik serta pengawasan ekstra ketat hingga peristiwa pembobolan tidak terulang kembali. (Andro Dwi Putranto)

 

sam

No comment

Leave a Response