Rencana Penangkapan Terhadap Mantan Menlu Israel

 

Matamatanews.com, BRUSSELS – Pengadilan Belgia telah memberikan perintah penangkapan terhadap Tzipi Livni yang merupakan Mantan Menteri Luar Negeri Israel. Menurut sumber resmi Uni Eropa, penangkapan tersebut akan dilakukan pada tanggal 23 januari 2017 mendatang saat ia melangkah turun dari pesawat di Brussels.

Tzipi Livni sendiri akan menghadiri sebuah konfrensi di Parlemen Eropa yang terletak di Brussels. Perintah penangkapan tersebut dikeluarkan setelah pada 23 Juni 2010 lalu, Sekelompok korban yang berada di Belgia memberikan pengaduan kepada Jaksa Federal.

Seperti yang dilansir Palestinian News Network (PNN), Livni dan beberapa pejabat lain baik sipil maupun militer diadukan karena diduga bertanggung jawab atas kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan di jalur Gaza.

Sementara itu, Kantor Federal Kejaksaan Tinggi menegaskan, Livni akan dihadang oleh Polisi Judicial Federal selama berada di Belgi untuk dimintai keterangan dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Livni ialah Menteri Luar Negeri Israel pada saat melakukan operasi militer di jalur Gaza yang berlangsung dari tanggal 27 Desember 2008 hingga 18 Januari 2009. Pada saat operasi militer tersebut dilakukan, sebanyak 1.314 warga sipil tewas akibat agresi yang dilakukan selama 23 hari tersebut. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response