Rektor Unsoed Kukuhkan Pengurus Pusat Keluarga Alumni Unsoed 2019-2023

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO -Koordinator Sistem Informasi Unsoed Alief Einstein mengungkapkan regenerasi roda kepemimpinan organisasi perlu dilakukan demi berjalannya program kerja. Oleh karenanya, Pengurus Pusat (PP) Keluarga Alumni Unsoed (KAUnsoed) periode 2019 - 2023 telah dikukuhkan oleh Rektor Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Prof. Dr. Ir Suwarto, MS. pada hari Jum'at (18/10/19) di lantai 1 ruang rapat Rektorat Unsoed.

Dalam sambutannya, Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir.Suwarto,MS. menyampaikan bahwa salah satu penanda keberadaan perguruan tinggi di masyarakat, adalah sejauhmana kontribusi lulusannya di berbagai sektor kehidupan.  Semakin lulusannya dikenal menurutnya tentu  maka akan semakin dipercaya pula perguruan tinggi tersebut sebagai tempat tujuan melanjutkan studi.  

" Sinergi antara alumni dengan kampus di mana dulu mereka studi memiliki arti penting. Karena dengan semakin banyak kiprah alumni yang berada di berbagai lapangan pekerjaan, akan semakin banyak pula terinformasikan apa dan bagaimana yang dibutuhkan oleh mahasiswa setelah lulus nanti, " jelas Rektor.

Lebih lanjut Rektor menambahkan bahwa sinergi antara kampus dengan alumni juga penting, utamanya dalam upaya membangun kemitraan konstruktif, khususnya  bersama alumni-alumni yang telah berada dalam kedudukan yang strategis.  

“Kampus akan semakin terkoneksi dengan semua lini,  yang akan semakin memampukan kampus untuk berkontribusi secara optimal dalam berbagai aktivitas kehidupan masyarakat,"  ungkap Rektor. 

Mengakhiri sambutannya Rektor mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Pusat Keluarga Alumni Unsoed yang telah berkenan meluangkan waktu, tenaga, pikiran dan sumberdaya yang ada untuk memajukan almamater yang kita cintai dan banggakan ini.  

“Kami percaya,  dengan komitmen dan rasa memiliki,  ketua dan seluruh jajaran pengurus yang baru saja dikukuhkan ini,  akan  bersedia membantu Unsoed dalam mengepakkan sayap dan mengibarkan bendera almamater di mana pun berada," pungkas Rektor.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Pengurus Harian KAUnsoed, sebagai Ketua Umum dipercayakan kepada Astera Primanto Bhakti. Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI (alumni Fakultas Ekonomi Unsoed angkatan 1986) ini terpilih sebagai Ketua Umum KAUnsoed periode 2019 - 2023. Astera terpilih pada Musyawarah Nasional ke-3 Keluarga Alumni Universitas Jenderal Soedirman (KAUnsoed) yang digelar pada hari Sabtu (21/09/19) di Gedung Rektorat Unsoed.

Sedangkan Alumni Fakultas Hukum Unsoed angkatan 1986 Ma'ruf Cahyono yang saat ini sebagai Sekjen MPR RI menduduki sebagai Wakil Ketua Umum.Arief Mulyadi memegang jabatan sebagai Ketua Harian merangkap Sekretaris Jenderal (Sekjen). Arief Mulyadi adalah alumni Fakultas Biologi Unsoed angkatan 1987. Pekerjaan sehari-hari Arief Mulyadi adalah Dirut. PT. PNM (Persero) di Jakarta.

Wakil Sekjen ada 3, anggota DPD RI periode 2019 - 2024 Dr.Abdul Kholik,SH.MSi. sebagai Wakil Sekjen 1. Direktur Strategy, Compliance, & Risk Bank BTN Mahelan Prabantarikso sebagai Bendahara Umum.

Adapun kepengurusan PP KAUnsoed terdiri atas Dewan Penasihat, Dewan Pakar, Pengurus Harian, Bidang Organisasi, Bidang Kewirausahaan dan Koperasi, Bidang Sosial dan Kemasyarakatan, Bidang Pengembangan Alumni, Bidang Kerjasama dan Komunikasi Publik, Bidang Kajian, Riset, dan Pengembangan Keilmuan, Bidang Pengembangan Ekonomi Pedesaan.

Terdapat juga Koordinator Wilayah KAUnsoed, meliputi Koordinator Wilayah Sumatra, Koordinator Wilayah Jabodetabek, Koordinator Wilayah Non-Jabodetabek, dan Koordinator Wilayah Indonesia Timur.

Berikut daftar Pengurus Harian KAUnsoed secara lengkap : 

1. Ketua Umum Astera Primanto Bhakti (Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI).

2. Ma'ruf Cahyono (Sekjen MPR RI) sebagai Wakil Ketua Umum.

3. Arief Mulyadi sebagai Ketua Harian merangkap Sekretaris Jenderal (Sekjen). Arief Mulyadi adalah Dirut. PT. PNM (Persero) di Jakarta.

4. Anggota DPD RI periode 2019 - 2024 Dr.Abdul Kholik,SH.MSi. sebagai Wakil Sekjen 1,

5. Direktur Strategy, Compliance, & Risk Bank BTN Mahelan Prabantarikso sebagai Bendahara Umum.

Mengenal Sosok Astera Primanto Bakti

Astera Primanto Bhakti lahir di Jakarta, 20 Januari 1968.  Dia alumni FE Unsoed pada tahun1986. Tahun 1991 bekerja di  Direktorat  Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan RI.  Tahun 2012 menjabat sebagai Kepala Pusat Kebijakan Pendapatan Negara pada Badan Kebijakan Fiskal. Di tahun itu pula Astera

Belajar Creating & Leading High Performing Teams Program di The Wharton School, University of Pennsylvania, Amerika Serikat. Tahun 2013 dia mendalami perbandingan praktik perpajakan antar negara - Comparative Tax Policy and Administration di Harvard Kennedy School, Mempelajari Negotiation Skill di London School of Economics. Menjadi perwakilan Indonesia sebagai Eminent Expert di salah satu badan Perserikatan Bangsa Bangsa yang berpusat di Bangkok (2016). Badan ini menangani pembangunan ekonomi di kawasan Asia Pasifik (UNESCAP). Tahun 2017 Astera dipercaya sebagai Kepala  Badan  Pendidikan  dan  Pelatihan  Keuangan (Badiklat Kemenkeu RI). Dirjen Perimbangan Keuangan sejak 2018,  

mengelola transfer ke daerah untuk tahun 2019 yaitu sebesar 826,8 triliun Rupiah, sepertiga dari seluruh APBN tahun 2019.Dari tahun 2009 -2017 dirinya aktif diundang oleh OECD di Paris untuk memberikan materi terkait perkembangan konsep dan implementasi Tax Treaty di dunia internasional.

Jurnal atau buku yang pernah ditulis diantaranya :

-  Transfer Pricing (Suatu Kajian Perpajakan) pada Jurnal Perpajakan Indonesia; tulisan tentang Konsep Bentuk Usaha Tetap dalam Buku Identifikasi BUT dan P3B; serta makalah untuk mengisi suatu simposium yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia, mengenai “The Indonesia Anti - Avoidance Rule: Striking A Balance: Asian Tax Authorities Symposium”. 

-  Tobacco Excise Policy as Tobacco Control - Tobacco Excise Earmarking for Public Health” pada SEATCA-LDUI di Bali,” 

Jabatan lain yang pernah Astera pegang adalah Komisaris PT. Semen Indonesia, Tbk, Anggota Badan Amil Zakat Nasional (Baznas); juga menjabat Ketua Dewan Pengawas Pusat Investasi Pemerintah (PIP),” Caretaker dan Plt Direktur Utama LPDP (2017-2018) dan sebagai Ketua Dewan Pengawas pada BLU PKN STAN.

Ketua Umum PP KAUnsoed Astera Primanto Bhakti berharap dengan telah terbentuknya kepengurusan PP KAUnsoed yang baru maka program segera dijalankan demi mendukung kemajuan Unsoed serta menjadikan Keluarga Alumni Unsoed semakin kompak semangat dan hebat.*(hen/berbagai sumber)

 

redaksi

No comment

Leave a Response