Ratusan Orang Tewas Akibat Longsor Di Colombia

 

Matamatanews.com, MOCOA – Hujan lebat yang terjadi sepanjang malam di provinsi Putumayo menyebabkan sungai-sungai meluap, akibatnya rumah-rumah warga yang berada disekitaran sungai tersapu oleh banjir lumpur.

Palang Merah mengatakan, akibat bencana tersebut setidaknya 220 orang dinyatakan hilang dan 202 orang lainnya mengalami luka-luka.

Presiden Juan Manuel Santos yang melakukan peninjauan kelokasi mengatakan bahwa pihaknya telah mengerahkan tentara sebagai bagian dari langkah tanggap darurat nasional.

Seperti yang dilansir Reuters, lebih dari 1.100 tentara dan polisi ikut bergabung untuk melakukan upaya penyelamatan. Lembaga-lembaga penyelamat mengatakan bahwa mereka terlambat melakukan upaya penyelamatan akibat cuaca yang buruk dan infrastruktur yang sudah rusak parah.

Petugas kepolisian setempat mengatakan, “Ada masalah mobilitas di hampir 80 persen fasilitas jalan, jarak dari ujung jalan hingga lokasi bencana masih sejauh tiga jam perjalanan”.

Hal senada diungkapkan Gubernur wilayah tersebut, Sorrel Aroca, yang mengatakan kepada media setempat bahwa seluruh jalan sudah terkubur tanah akibat longsor tersebut.

Selain itu, Jose Antonio Castro Walikota Mocoa mengatakan jembatan-jembatan ikut hanyut diterjang banjir, kota tersebut sudah terisolasi tanpa listrik dan air bersih.

Hujan lebat dan tanah longsor merupakan hal yang sudah biasa terjadi disana, namun Badan Meteorologi Colombia mengatakan bahwa hujan yang turun sepanjang Maret lalu merupakan yang paling lebat sejak 2011 silam. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response