Rapat Nasional Bike To Work Indonesia Diisi Pengukuhan Pengurus

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO - “Tindakan bukan berasal dari pemikiran, tapi dari kesediaan untuk memikul tanggung jawab.” Kalimat di atas menggambarkan semangat dari para pengurus B2W Purwokerto yang di komandani Dr.Nurul Hidayat,SPt.,MKom. 

"Pria berpenampilan sederhana tapi elegan serta menjadi motor untuk ber bike to work di lingkungan Unsoed ini adalah dosen senior di Fakultas Teknik Jurusan Ilmu Komputer dan Informatika, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto," ungkap Koordinator Sistem Informasi Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum. saat mendampingi pemaparan Dr.Nurul Hidayat pada Selasa (31/8/2021).

Dr.Nurul Hidayat mengatakan bahwa perhatian dan ketulusan dalam memberikan sharing edukasi, keterlibatan perhatian ke bidang sosial (bhakti sosial), advokasi serta kampanye sepeda, merupakan awal dasar keterlibatan komitmen pengurus B2W Purwokerto dalam memberikan sumbangsih kepada kegiatan gerak dan semangat sesuai visi dan misi B2W Indonesia. 

Dr. Nurul Hidayat atau yang kerap disapa Dr.ENHA resmi dilantik sebagai ketua komunitas Bike To Work (B2W) Purwokerto periode 2021 – 2024 dalam rapat pleno nasional B2W di Balkondes Ngaran Homestay Borobudur, Dusun Ngaran, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 27 Agustus 2021. Pengukuhan Korwil B2W Purwokerto dilakukan oleh Glen Saimima selaku Ketua B2W Indonesia. Rapat pleno ini berlangsung secara luring, virtual, dan live melalui channel youtube Rumah Sepeda Indonesia, sehingga memudahkan para peserta pleno yang berhalangan hadir di Balkondes Borobudur.

Dr.ENHA menjelaskan bahwa pertama dalam sejarah Persepedaan Indonesia,  RAPNAS B2W Indonesia telah menghasilkan AD - ART dan menjadi Organisasi Perhimpunan Nasional. Selain itu kata Dr.Enha, melantik Korwil pertama secara Oganisasi yaitu Korwil B2W Purwokerto.

Dikatakan, bahwa dalam rapat pleno yang berlangsung tanggal 27-29 Agustus 2021, tidak hanya melantik ketua komunitas nasional dan wilayah, namun juga membahas AD/ART, pemilihan dan penetapan dewan pengawas serta pengukuhan pengurus B2W. Rangkaian kegiatan lainnya kata Dr.ENHA, yaitu launching website B2W Indonesia, launching hari yang BIKE serta launching mobil Mas B2W.

"Rencana Program Kerja B2W Purwokerto akan mengusung 10 keBIKE-an ada 4 ke-BIKE-an Utama yang akan di implementasikan yaitu BIKESocial, BikePreneur, BikeNomics dan BikeStyle," katanya. 

Terdapat empat program kerja yang menjadi perhatian dalam periode kepengurusannya B2W kali ini, yaitu edukasi, kampanye, advokasi, dan sosial. 

"Pada bidang edukasi, B2W berencana mengedukasi para pelajar dari level sekolah hingga kampus, bahkan masyarakat luas untuk menggunakan sepeda sebagai alat mobilitas dalam kegiatan sehari-hari. Kemudian, B2W menyerukan kampanye budaya bersepeda di Indonesia. Selanjutnya, advokasi berupa pembuatan saluran siaga (hotline) pengaduan bila hak-hak pesepeda dilanggar dan penyediaan pengacara. Terakhir, memberikan penghargaan bagi kota-kota besar yang ramah dan peduli akan fasilitas pesepeda," pungkasnya. (hen)

redaksi

No comment

Leave a Response