Rahab Kenalkan Batik Banyumas Ke Luar Negeri

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO -Batik adalah warisan budaya agung yang dimiliki Indonesia dan telah berkembang di berbagai daerah di Indonesia. Setiap tanggal 02 Oktober Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. 

"Hari Batik Nasional adalah perayaan nasional untuk memperingati ditetapkannya batik yang memperoleh pengakuan dunia pada 2 Oktober 2019 dari Badan PBB United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organizatioń (UNESCO), "ujar Ka.Dept.Humas Pengurus Pusat KAUNSOED Ir.Alief Einstein,M.Hum.

Dalam perbincangan dengan alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsoed Dr.Rahab.,SE.,MSc., Einstein menyatakan, ternyata Rahab (41) sejak tahun 2013 telah memperkenalkan Batik Banyumas yakni dengan mempublikasikan pada International Journal of Business and Management; (Vol. 8, No. 16; 2013).

"Rahab yang juga Dosen FEB Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Jawa Tengah mempunyai pengalaman mempromosikan batik Indonesia di Forum Konferensi Internasional seperti di Romania, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Turki, Hongkong, Thailand, dan Malaysia, " tambahnya.

Rahab yang juga Ketua Asosiasi Profesi Batik dan Tenun Nusantara Wilayah Banyumas memaparkan pengalamannya dalam mengenalkan Batik Banyumas di luar negeri, di antaranya :

1. Rahab mengenalkan Industri Batik Banyumasan pada Internasional Symposium on Business and Management di Nagoya University, Jepang pada tanggal 2 - 4 April 2014,

2. Batik Banyumas dikenalkan Rahab pada Global Art and Science Sosiety Multidiciplinary Conference tanggal 25 - 26 Oktober 2014 di Peking University, Beijing, Tiongkok (China),

3. Tanggal 13 - 14 April 2015 Rahab mengenalkan Batik Banyumas di Australia pada acara AustralAsian Conference on Business and Social Sciences di Central Quensland University, Kampus Sydney.

Salah satu upaya untuk  mendorong daya saing industri batik di Banyumas agar memberikan nilai tambah baik secara ekonomi maupun sosial, diutarakan pemilik Galeri dan Pusat Studi Batik "Ksatria" serta Pendamping untuk UKM batik di wilayah Barlingmascakeb kepada Einstein. 

Rahab mengungkapkan bahwa Batik Banyumas sebagai bagian identitas budaya Banyumas. Menurutnya batik Banyumas sebagai warisan budaya yang telah ada dan tumbuh secara turun-temurun di wilayah Kabupaten Banyumas merupakan identitas yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah dan dinamika Kabupaten Banyumas. 

"Batik Banyumas tidak hanya sebagai produk kerajinan lokal semata namun juga merupakan salah identitas budaya dari masyarakat Banyumas. Keberadaan batik Banyumas memberikan salah satu pembeda perkembangan budaya antara Kabupaten Banyumas dengan kabupaten lainnya, " terangnya.

Batik Banyumas juga merupakan simbol industri kreatif lokal berbasis masyarakat yang telah memberikan manfaat ekonomi, budaya dan aspek pengembangan wilayah. Implementasi city branding untuk Kabupaten Banyumas diharapkan memberikan arah dan semangat bagi kemajuan industri Batik Banyumas. Keberadaan batik Banyumas akan memiliki peran strategis sebagai media dan sarana untuk menguatkan program City Branding Kabupaten Banyumas melalui pengembangan industri lokal. Semangat “Better Banyumas” dapat dijadikan pemantik motivasi bagi seluruh pelaku industri batik untuk memberikan kontribusi yang nyata dalam untuk menuju pengelolaan industri batik yang lebih baik. 

"Dalam konteks semangat better Banyumas, industri batik Banyumas perlu didorong untuk menjadi komoditas yang dapat memberikan kebanggaan bagi masyarakat Banyumas dan memberikan nilai tambah ekonomi bagi kemajuan Kabupaten Banyumas, " jelasnya.

Rahab juga menambahkan kolaborasi antara Batik Banyumas dan Better Banyumas diharapkan akan memberikan dampak signifikan bagi pengembangan wilayah khususnya pengembangan ekonomi lokal Banyumas. Terdapat beberapa implikasi positif dari adanya kolaborasi antara Batik Banyumas dengan Better Banyumas.

 a. Pertama, kolaborasi antara batik Banyumas dan Better Banyumas akan menginspirasi masyarakat Kabupaten Banyumas untuk mewujudkan Banyumas yang lebih baik. Slogan Better Banyumas diharapkan dapat menginspirasi upaya untuk mengembangkan industri kreatif lokal yang lebih baik. Dalam hal ini, industri Batik banyumas didorong untuk terus melakukan inovasi dan perbaikan secara terus menerus menuju pengelolaan industri Batik Banyumas yang profesional. Tata kelola industri batik yang lebih baik diarahkan pada upaya perbaikan proses dan kualitas produk yang lebih berkualitas sehingga bermanfaat dalam membentuk citra Kabupaten Banyumas yang lebih positif baik untuk masyarakat Banyumas itu sendiri maupun untuk wisatawan dan investor. Upaya memperbaiki industri batik Banyumas adalah salah satu upaya untuk mewujudkan Better Banyumas dalam aspek budaya dan pengembangan ekonomi lokal.

b. Kedua,  kolaborasi antara Batik Banyumas dan better Banyumas mengandung makna ajakan untuk pelaku industri industri Batik Banyumas untuk membantu mewujudkan Banyumas yang lebih dengan cara menciptakan suatu produk batik Banyumas yang lebih berkualitas dan layanan yang lebih baik bagi konsumennya. Produk dan layanan yang baik pada industri batik Banyumas akan mengangkat citra Kabupaten Banyumas baik pada level lokal maupun level nasional. 

Semangat Better Banyumas menurutnya dapat diwujudkan melalui upaya mewujudkan produk unggulan lokal yang lebih baik dari hari ke hari. Perbaikan secara terus menerus baik aspek produk, pasar, proses produksi, manajemen dan layanan pasca penjualan pada industri batik Banyamas berperan penting dalam mewujudkan semangat better Banyumas.

c. Ketiga, kolaborasi antara Batik Banyumas dan Better Banyumas juga mengandung makna keterlibatan. Upaya mewujudkan Better Banyumas, bukan hanya tanggung jawab pemerintah kabupaten, DPRD atau tim City Branding saja namun merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen di Kabupaten Banyumas. Dalam rangka mencapai harapan akan Banyumas yang lebih baik, para pelaku industri Batik Banyumas juga dapat memberikan kontribusi nyata sesuai dengan bidangnya antara lain dengan penciptaan produk yang berkualitas, pemanfaatan bahan dan sumberdaya lokal, penciptaan produk yang ramah lingkungan serta pemberian layanan yang baik pada konsumennya. Upaya-upaya tersebut bermanfaat dalam membantu mewujudkan harapan mengenai Banyumas yang lebih baik.

d. Keempat, kolaborasi antara batik Banyumas dan Better Banyumas juga mengandung pesan tentang adanya tawaran dari pemerintah Kabupaten Banyumas untuk melakukan pengembangan industri batik Banyumas yang lebih baik. Dengan semangat Better Banyumas pemerintah daerah berkeinginan memberikan perhatian dan keberpihakan yang lebih baik demi tumbuh dan berkembangnya industri kreatif lokal.  

Dengan semangat Better Banyumas pemerintah daerah dituntut untuk memberikan layanan yang lebih baik bagi para pelaku usaha khususnya pelaku Batik Banyumas. Layanan yang lebih baik untuk pelaku industri batik Banyumas dapat diwujudkan melalui program pendampingan UKM, fasilitas permodalan dengan bunga ringan, promosi produk dan perluasan jejaring usaha serta berbagai program yang dapat memberdayakan pelaku industri batik Banyumas. 

"Pengembangan industri batik Banyumas yang lebih baik merupakan salah salah cara mewujudkan Banyumas yang lebih baik. Semua pihak dapat ikut terlibat mewujudkan Better Banyumas, Batik Banyumas, Better Banyumas, " pungkasnya.*(hen/berbagai sumber)

redaksi

No comment

Leave a Response