Racana Soedirman Raih Anugerah Pramuka Peduli Award 2018

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO—Racana Soedirman, UKM Pramuka Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto kembali menorehkan prestasi. Setelah melalui  rangkaian seleksi yang dilaksanakan oleh Kwartir Cabang Banyumas, Racana Soediman meraih nilai tertinggi dan penghargaan sebagai Juara 1 Lomba Pramuka Peduli Award tahun 2018.

Pengumuman dan penyerahan penghargaan dilaksanakan pada Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka Hari Pramuka ke-57 Tingkat Kwartir Cabang Banyumas Tahun 2018, pada Sabtu, 29 September 2018 lalu di Alun-alun Purwokerto dengan pembina Bupati Banyumas, Ir. H. Achmad Husein. Penghargaan Pramuka Peduli Award diserahkan oleh Ketua Kwarcab Banyumas, Drs. Ahmad Supartono, M.Si yang didampingi Bupati selaku Kamabicab Banyumas. 

Program kegiatan  Pramuka Peduli menurut Dyah Susanti,SP.MP selaku Pembina UKM Pramuka Racana Soedirman  dimaksudkan untuk menciptakan kader yang memiliki watak  sosial dan pengabdian masyarakat  yang tinggi dalam rangka kepedulian  terhadap berbagai  masalah kemasyarakatan, sekaligus sebagai strategi dalam pencapaian visi-misi Gerakan Pramuka, yaitu menggerakkan anggota dan organisasi Gerakan  Pramuka agar peduli dan tanggap terhadap masalah-masalah kemasyarakatan. Hal ini dilakukan  untuk  memantapkan jati diri Gerakan  Pramuka  melalui kode kehormatannya dan sekaligus sebagai pencerminan anggota Pramuka yang tanggap terhadap permasalahan pada lingkungan  sekitarnya. 

Pramuka Peduli Award adalah bentuk apresiasi yang dikemas dalam bentuk kejuaraan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka dalam menumbuhkembangkan kegiatan Pramuka Peduli di seluruh nusantara, dari tingkat kwartir cabang, kwartir daerah hingga kwartir nasional.

Koordinator Sistem Informasi Unsoed Alief Einstein menerangkan bahwa Penyelenggaraan Pramuka Peduli Award tahun 2018 Kwartir Cabang Banyumas diawali seleksi portofolio program kegiatan yang berorientais kepedulian pramuka terhadap masyarakat dan lingkungan yang dikirim oleh berbagai kwartir ranting dan gugus depan. Berdasarkan seleksi portofolio tersebut, terpilih enam tim yang masuk tahap final, salah satunya adalah Racana Soedirman.

Seleksi tahap final dilaksanakan pada tanggal 28 September 2018 bertempat di Sanggar Bakti Pramuka Kwartir Cabang Banyumas.  Mengusung berbagai kegiatan kepedulian yang terangkai dalam kegiatan Amaliyah Ramadhan, tim Pramuka Peduli Racana Soedirman yang terdiri dari Kak Putri Suci Ramdani, Kak Ayu Wulandari dan Kak Doni Damara mendapatkan penilaian tertinggi dengan selisih angka yang sangat besar dibandingkan lima finalis lainnya. 

Kegiatan Amaliyah Ramadhan Racana Soedirman dianggap sangat mewakili konsep Pramuka Peduli, karena mencakup kepedulian terhadap berbagai aspek sasaran kelompok masyarakat, sekaligus memadukan konsep Tri Bina dan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain kegiatan sosial berupa santunan terhadap anak-anak yatim-piatu, santunan bagi lansia dan perangkat desa, lomba-lomba edukatif yang memotivasi bagi anak-anak, Racana Soedirman juga melaksanakan alih teknologi tepat guna berupa penyampaian materi budidaya tanaman dalam rangka pemanfaatan lahan pekarangan untuk meningkatkan kecukupan gizi dan pendapatan keluarga, sekaligus memberikan bibit tanaman sebagai materi praktik lebih lanjut bagi masyarakat Desa Wlahar Kulon. 

Keberhasilan meraih Juara 1 Lomba Pramuka Peduli Award tahun 2018 tingkat Kwartir Cabang Banyumas merupakan awal langkah lebih lanjut bagi keikutsertaan Racana Soedirman dalam seleksi Pramuka Peduli Award tahun 2018  tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah. Konsep Tri Bina dan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang saling memperkuat dan saling mendukung Racana Soedirman dalam meningkatkan kualitas diri anggota, kualitas organisasi dan satuan di sekitarnya, serta  kemanfaatannya bagi masyarakat, diharapkan mampu memotivasi, dan menjadi model pembangunan karakter secara utuh Pramuka Peduli Perguruan Tinggi di Indonesia. Racana Soedirman sebagai bagian dari civitas akademika Universitas  Jenderal Soedriman siap menjadi penggerak generasi muda yang peduli dan tanggap terhadap permasalahan di masyarakat.*(wisnu,hendro/berbagai sumber)

 

sam

No comment

Leave a Response