Pulas Garden 234 Diresmikan Sebagai Destinasi Wisata Baru

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA-  Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono meresmikan Obyek Wisata Keluarga Dan Taman Sehat Pulas Garden 234 di Desa Sipedang, Kecamatan Banjarmangu. Kab. Banjarnegara.Rabu (21/10/2020).

Obyek wisata yang berbasis alam ini merupakan taman asri yang ditanami aneka tanaman obat keluarga (Toga) yang banyak sekali khasiat dan manfaatnya.

Tidak kurang dari 234 jenis tanaman untuk obat-obatan herbal tradisional tumbuh subur di tempat ini. Disertai deskripsi khasiat serta seluk beluk  tanaman, pengunjung dapat mengetahui manfaatnya masing-masing tanaman yang ada di sana.

Menurut Kades Sipedang Subagio didampingi Pengelola Pulas Garden Agung Biantoro, gagasan dibangunnya taman ini berasal dari tokoh masyarakat setempat bernama Mahud. Gagasan tersebut mendapat support dari masyarakat dan pemuda serta kucuran dana dari Bumdes sebesar 40 juta rupiah.

“Dana sebesar itu untuk membangun dan membeli tanaman. Hingga saat ini kami mengeluarkan dana pribadi untuk melengkapi kekurangannya,” kata Subagio. 

Hal lain yang menarik dari obyek wisata ini, selain sebagai lahan pengetahuan tentang tanaman obat, spot-spot di area Pulas Garden sangat menarik untuk selfie dan instagramable. Pengunjung juga dimanjakan dengan hadirnya waterboom sembari menikmati pemandangan alam pegunungan. 

Dengan harga tiket masuk hanya 10 ribu rupiah per orang, pengunjung dijamin puas menikmati sajian di sini. Rata-rata pengunjung datang dari Banjarnegara Purbalingga, Wonosobo bahkan Pekalongan. Dalam situasi Pandemi Covid-19, pengujung pun wajib mentaati imbauan pemerintah, yaitu "Mematuhi Protokol Kesehatan". 

"Karena saat ini masih dalam masa pandemi, pengunjung wajib mencuci tangan dan memakai masker,” ucapnya.

Budhi Sarwono dalam kunjungannya mengungkapkan rasa bangga dengan kreasi Desa Sipedang karena berhasil membuat taman keluarga yang sehat dan indah. Tempat wisata ini multiguna kata Budhi Sarwono, bisa untuk wisata, sekaligus laboratorium hidup tanaman obat tradisional berkhasiat. 

“Ini bisa dijadikan wisata edukasi, semoga dengan diresmikannya Pulas Garden 234 dapat mensejahterakan masyarakat yang berada di area wisata ini, "pungkasnya. (Javi/berbagai sumber)

 

redaksi

No comment

Leave a Response