Proyek Air Bersih Senilai 2 , 7 M Rawan Laka Lantas Butuh Kordinasi

 

Matamatanews.com, BREBES—Pekerjaan galian proyek Air bersih senilai Rp 2. 753.795.000 seperti tertera pada papan nama proyek menyulitkan pejalan kaki rawan kecelakaan. Sebab bahu jala n Nasional Paguyangan menjadi menyempit penuh tumpukan material tanah galian.

Selain minim rambu rambu pengerjaan galian dan pemasangan pipa yang dimulai dari jalan raya Wanatirta Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes,   diduga juga belum kordinasi dengan pihak terkait.

Hal terungkap saat pada siang hari terjadi laka lantas diseputar lokasi penggalian,  seorang anak perempuan Sabila (9) ditabrak penggendara sepeda motor hingga terluka dibawa ke Puskesmas Paguyangan.

Waktu itu Sabila warga Randegan Desa Wanatirta berjalan kaki bersama ibunya hendak pulang menuju rumahnya.Kemudian peristiwa tersebut oleh salah satu warga diunggah ke media sosial twetter dan mendapat respon berbagai pihak.Salah satunya dari akun resmi  @DPU BMCK-Jateng.

" Galian tersebut proyek air bersih dari Cipta Karya @pemkab brebes.Pelaksana pasang pipa dilapangan sudah kami ingatkan karena kewenangan penyelenggara jalan Nasional di @infobbpjn7, pekerjaan distop sementara, sambil berkoordinasi lebih lanjut demi memastikan keamanan pengguna jalan, " tulis akun resmi DPU pada Kamis siang 1 Agustus 2019.

Terpisah Manager PDAM IKK Paguyangan Kabupaten Brebes  Yudi dikomfirmasi matamatanews mengatakan meski proyek tersebut kepentingan pelanggan PDAM namun dirinya tidak dilibatkan.

"Itu proyek bukan untuk wilayah Kecamatan Paguyangan, namun Bumiayu.Rencana penggalian pemasangan pipa baru sepanjang 6 Kilometer " terang Yudi.

Pihaknya juga turut menyayangkan kurang koordinasinya pihak pelaksana proyek  Mengingat masyarakat Paguyangan dan sekitarnya menganggap tanggung jawab ada pada PDAM Paguyangan.

" Seperti yang terjadi hari ini, pipa kami bocor terkena alat berat  akibatnya para pelanggan terhenti pasokan air bersihnya, dan mereka mengadunya pada kami " ungkap Yudi.

Pantauan dilapangan meski ada himbauan pekerjaan distop sementara namun alat berat tetap bekerja menggali lobang.

Sedangkan petugas PDAM Paguyangan tampak sibuk memperbaiki pipa PAM yang bocor terkena alat berat saat melakukan penggalian yang mengakibatkan pelanggan tidak bisa menerima pasokan air bersih PDAM pada hari ini.

Sementara pihak pelaksana proyek dari CV . SCY belum bisa dikomfirmasi terkait pekerjaan Pengembangan Jaringan Perpipaan SPAM di Desa Jatisawit Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes itu.(Purwanto)

 

redaksi

No comment

Leave a Response