Presiden Restui Budi Gunawan Sebagai Kepala BIN

 

Matamatanews.com,JAKARTA---Presiden Joko Widodo telah mengirimkan surat kepada DPR perihal pengangkatan Komisaris Jendral (pol) Budi Gunawan yang akrab di sapa BG di calonkan untuk menggantikan Letnan Jendral (purn) Sutiyoso menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Budi Gunawan tercatat memiliki rekam jejak yang panjang di dunia kepolisian. Ia juga diniali sebagai salah satu perwira terbaik Polri, ia pernah menjabat sebagai Kepala Satuan Lalu Lintas, Divisi Hukum, Divisi Profesi dan Keamanan, bahkan ia pernah menjabat sebagai Kapolda Bali dan Kepala Lembaga Pendidikan Polri.

Banyak pihak yang menyambut baik perihal penunjukan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN. Komisioner Kompolnas (Komisi Kepolisian Nasional) Poengky Indarti menilai penunjukan tersebut sejalan dengan upaya pemerintah mereformasi sektor intelijen. Ia menilai sosok Budi Gunawan sebagai sosok yang layak dan cerdas serta dapat diandalkan untuk memimpin kinerja BIN.

Sementara itu Ketua Umum Golkar Setya Novanto mengatakan “ Saya sangat mengapresiasi langkah Presiden menunjuk Komjen Budi Gunawan, beliau adalah sosok yang tepat untuk memimpin lembaga intelijen kita”.

Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian mengutaran hal senada, ia sangat mendukung dan menilai sosok Wakapolri itu memiliki kapasitas untuk menjadi Kepala Badan Intelijen Negara. “ Menurut kami, beliau sangat berpengalaman dibidang intelijen, pengalaman Kapolda dua kali, menjadi Wakapolri, di pendidikan cukup lama, dan di operasional cukup lama” lanjut Tito.

Surat Presiden tersebut disampaikan oleh Mensesneg Pratikno kepada DPR dan diterima langsung oleh Ade Komarudin selaku ketua DPR. Selanjutnya surat itu akan dipertimbangkan oleh DPR dan menyampaikan hasilnya paling lambat 20 hari kerja sejak surat tersebut diterima DPR dari Presiden.(Atep/CNN/detik/kompas/berbagai sumber

sam

No comment

Leave a Response