Presiden Perancis Baru, Emmanuel Macron

 

Matamatanews.com, PARIS – Minggu (7/5/2017), Perancis mendapatkan Presiden baru yakni Emmanuel Marcon yang berhasil mengalahkan seorang nasionalis kanan yang memberikan janji untuk keluar dari Uni Eropa, Marine Le Pen.

Macron berhasi mendapatkan suara 65 persen sedangkan Le Pen hanya mendapatkan 35 pesen suara, terpaut 20 peren suara sesuai dengan prediksi sebelumnya. Marcon yang merupakan mantan Menteri Ekonomi ini menjadi pemimpin Perancis paling muda.

Seperti yang dikutip Reuters, Macron mengatakan,”Sebuah lembaran baru dari sejarah panjang akan dimulai, kembalinya harapan dan kepercayaan”.

Marcon lahir dan bersekolah di Amiens, Utara Perancis, ia bersekolah di Lycee Henry IV setelah itu ia meneruskan sekolahnya ke Ecole National d’Administration yang notabennya merupakan tempat latihan para elit politik Perancis.

Pada tahun 2012, Marcon ditunjuk sebagai staf Presiden Francois Hollande, dua tahun kemudian Marcon ditunjuk sebagai Menteri ekonomi menggantikan Arnaud Montebourg yang berhaluan kiri.

Atas kemenangannya, Marcon mendapat banyak ucapan selamat, salah satunya dari Presiden Amerika Donald Trump yang melalui akun twitternya mengatakan,”Selamat kepada Emmanuel Marcon di hari besar ini sebagai presiden Perancis berikutnya”.

Kenselir Jerman, Angela Merkel tidak ketinggalan melalui akun Twitternya mengatakan,”Selamat Emmanuel Marcon, kemenanganmu ialah sebuah kemenangan untuk Eropa yang kuat dan bersatu serta untuk hubungan Perancis-Jerman”.

Dalam pidatonya yang berlangsung di lapangan Museum Louvre, Marcon mengatakan akan mengambil langkah cepet guna mempersatukan semua gologan, baik partai berhaluan kiri maupun berhaluan kanan, serta membawa Institusi Uni Eropa untuk lebih dekat kepada rakyat Eropa. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response