Presiden Jokowi Minta Investor Segera Bangun Kawasan Wisata Danau Toba

 

Matamatanews.com,TOBA  SAMOSIRPresiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah pejabat mengunjungi The Kaldera Toba Nomadic Escape di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Selasa (30/7) siang.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden meminta Badan Pengembangan Otorita Danau Toba (BPODT) untuk mendesak investor agar segera memulai membangun Kawasan Wisata disekitar Danau Toba.Jika Investor masih ragu membangun kawasan tersebut, Presiden memerintahkan Badan Otorita untuk mengganti investornya.

"Kalau ndak dimulai kapan lagi.Tempat yang sangat bagus seperti inigamoang dicari investor. Kalau ini kan sudah kita mulai, tapi kalau investornya nggak mulai-mulai stop, ganti. Saya sekarang memang harus tegas-tegas gitu," kata Presiden.

"Ada 386 hektare luas tanah di kawasan Wisata Danau Toba yang sudah clear, sudah dipegang Badan Otorita Danau Toba. Karena itu ia meminta secepatnya dimulai, baik itu tanggungjawab Pemerintah infrastruktur dan lain-lain. Nantinya ditempat tersebut akan ada Hotel bintang 4 dan bintang 5 Resort dan juga Padang Golf.

Pemerintah akan menyelesaikan dulu yang di Toba Samosir seluas 368 ha sebelum nantinya pindah ke Humbang Hasundutan yang masih ada 533 ha," lanjut Presiden.Mengenai manfaat pembangunan kawasan tersebut bagi masyarakat, Presiden Jokowi menyakinkan banyak.

" Kalau banyak hotel disini pasti dingin sayur mayur masuk hotel, buah, singkong, jagung, kentang masuk hotel, lapangan kerja terbuka, barang-barang kerajinan disini banyak sekali, tenun, ulos, handicraft, kopinya semuanya tidak usah dijual diluar, pakai sendiri disini."

Sebelum meninjau The Kaldera Toba Nomadic Escape, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Selasa (30/7) pagi terlebih dahulu meninjau pengembangan kawasan Taman Wisata Salib Kasih di Kabupaten Tapanuli Utara.Setibanya di lokasi tersebut, Presiden Jokowi yang mengenakan jaket merah dan kemeja putih melihat Master Plan pengembangan Taman Wisata Salib Kasih.

Turut mendampingi Presiden diantaranya Menko Kemaritiman Luhu Panjaitan, Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor dan Bupati Toba Samosir Darwin Siagian.(Edo)

 

redaksi

No comment

Leave a Response