Presiden Filipina Dituding Sembunyikan Kekayaan Miliaran Peso

 

Matamatanews.com,MANILA—Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte yang dikenal sangat vokal  dalam kampanye melawan korupsi dan narkotik, kini mendadak dituding menyembunyikan kekayaan miliaran peso oleh senator Antonio Trilanes. Trilanes merilis salinan laporan bank pada 2006-2015 yang dia sebut sebagai milik Duterte dengan nilai total 2,4 miliar peso atau s etara Rp 638,5 miliar. Rekening itu,menurut Trilanes tidak dilaporkan Duterte ketika dia mencalonkan diri pada pemilihan presiden pada Mei tahun lalu.

Sejauh ini Presiden Duterte belum menanggapi tuduhan itu,bahkan pendukungnya menganggap pernyataan Trilanes hanya sekedar cari sensasi publik.Trilanes sendiri selama ini dikenal sebagai penentang keras pemerintah,terutama terkait dengan kebijakan Duterte. Rekening Duterte itu, seperti dugaan Trilanes  gagal dibuka ke publik sebelum rakyat memilih presiden pada Mei 2016.

Sejumlah rekening dalam laporan itu,diduga merupakan rekening bersama Duterte  dengan orang-orang dekatnya. Beberapa rekening pribadi adalah nama-nama rekan dekat Duterte.”Jika tuduhan ini terbukti salah, saya akan mengundurkan diri sebagai senator,” kata Trilanes,mantan perwira angkatan laut berpangkat letnan yang pernah memimpin kudeta gagal pada tahun 2003 dalam jumpa persnya pada,Kamis (16/2/2017).

Sementara itu pengacara Duterte, Salvador Panelo menolak tudingan itu. Dalam wawancara dengan stasiun radio,Panelo menilai tudingan itu merupakan isu lama. Dia pun menuding balik Trilanes hanya sekedar mencari sensasi cuma-cuma.Sedangkan  juru bicara Duterte,Ernesto Abella mengatakan ,Presiden akan membuka laporan transaksi bank dan rekening miliknya jika diperlukan. Namun,hal itu bukan untuk menjawab tuduhan Trilanes. (samar)

sam

No comment

Leave a Response