Presiden Azerbaijan angkat Istri Menjadi Wapres

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev mengangkat istrinya yang bernama Mehriban menjadi wakil presiden pertama guna memperkuat kekuasaannya di negeri tersebut.

Sejak ayahnya meninggal dunia pada tahun 2003 silam, Ilham Aliyev mulai memegang kekuasaan di Azerbaijan. Mehriban Aliyeva yang kini berusia 52 tahun merupakan seorang dokter yang memimpin sebuah yayasan yang bernama Heydar Aliyev.

Keputusan tersebut diumumkan melalui situs kepresidenan, dekrit tersebut tidak merinci tugas dari Mehriban. Namun, Undang-Undang di negara tersebut menyebutkan bahwa wakil presiden pertama akan mewakili presiden saat presiden bertugas ke luar negeri.

Seperti yang dilansir Reuters, Mehriban diangkat guna mengisi satu tempat dari dua kursi kosong jabatan wakil presiden. Azerbaijan sendiri mempunyai dua posisi wakil presiden, yakni wakil presiden dan wakil presiden pertama.

Sebelumnya Aliyev menjalankan referendum yang berisi perpanjangan masa jabatan presiden dari lima tahun menjadi tujuh tahun.

Negara-negara Eropa sedang menyoroti langkah Aliyev yang membungkam rakyatnya jika tidak setuju dan menentang pemerintahannya. Mereka juga mengecam tindakan korupsi yang dilakukan pada berbagai badan pemerintahan.

Tahun lalu, dokumen diplomatik Amerika yang dibocorkan menyebutkan bahwa istri presiden yang terlihat kurang memahami masalah politik. Selain itu, informasi tersebut menyebutkan mahalnya selera fashion dan bedah plastik yang dijalaninya. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response