Polri Kembangkan Subdit Cyber Crime

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Semakin banyaknya kasus yang terjadi mengenai masalah cyber atau dunia maya, membuat pihak kepolisian mengembangkan Sub Direktorat Cyber Crime. Pengembangan tersebut dilakukan dengan cara menambah anggota personel dan mengubahnya menjadi Direktorat Cyber Crime.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Komisaris Besar Martinus Sitompul mengatakan bahwa polri akan mengembangkan Subdit Cyber Crime guna menanggulangi masalah yang terjadi pada dunia maya.

Martinus menambahkan bahwa saat ini Subdit Cyber Crime masih berada di dalam ruang lingkup Direktorat Reserse Kriminal Khusus yang terdapat di kepolisian daerah. Ia juga menjelaskan polri tidak akan segan menindak siapupun yang melanggar hukum di dunia maya.

Sebelum menindaklanjuti, pihaknya akan melakukan penyelidikan dan penyidikan terlebih dahulu sebelum menyatakan bahwa orang tersebut bersalah.

Menurut Martinus, untuk mengembangkan Subdit Cyber Crime dan memaksimalkan kinerjanya harus dilakukan penambahan alat, sumber daya manusia serta penambahan anggaran.

Kemudian, Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dapat dijadikan salah satu instrumen yang dapat digunakan polri dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di dunia maya. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response