Pola Tidur Yang Buruk Berpotensi Buruk Bagi Kesehatan Remaja

 

Matamatanews.com, JAKARTA—Generasi millenials merupakan generasi paling produktif. Namun kurang pandainya mengatur waktu justru menyita jam malam yang seharusnya digunakan untuk tidur. Kerjaan yang menumpuk dan gaya hidup merupakan salah satu faktor penyebab pola tidur yang tidak baik. Dikatakan bahwa pada larut malam ide-ide kreatif dan pemikiran yang dalam dengan imajinasi tinggi selalu datang disaat terjaga dimalam hari. Sehingga sebagian besar millenials memiliki pola tidur yang tidak baik yang dapat berdampak buruk kepada kesehatan mereka.  

Pola tidur adalah pola kebiasaan kita mengistirahatkan tubuh kita dengan tertidur. Hal ini mencakup jam tidur dan berapa lama kita tertidur. Inilah alasan mengapa kita, dalam keadaan normal, cenderung aktif pada siang hari dan tertidur di malam hari hingga pagi. Pola tidur normal pada orang dewasa membutuhkan waktu kurang lebih 7 jam pada malam hari. 

Pengurangan waktu untuk tertidur sleep loss adalah hal yang paling sering menjadi pemicu perubahan pola tidur. Selisih waktu tidur dari waktu tidur normal seseorang akan menjadi sleep debt yang dapat terakumulasi. Utang tersebut harus dibayar dengan penambahan waktu tidur, kapan pun itu.

Berikut adalah pengaruh buruk dari kurangnya tidur :

  1. Kelelahan dan Kehilangan fokus

Jika kita tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, otak kita tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini membuat kita menjadi sulit untuk mengingat sesuatu. Selain itu, kurang nya tidur menyebabkan otak mengalami kelelahan, sehingga dapat menyebabkan hilangnya fokus dalam beraktivitas sehari-hari.

  1. Menyebabkan Depresi

Kurangnya tidur juga dapat menyebabkan depresi pada seseorang, hal ini memicu seseorang untuk mencemaskan hal secara berlebihan karena fungsi otak yang kurang stabil. Disaat orang mengalami gejala terkena Depresi, maka hal ini bisa mendorong pula kemampuan mereka untuk bisa tertidur lelap.

  1. Timbulnya berbagai macam penyakit serius

Penyakit yang berpotensi terjadi adalah serangan jantung, gagal jantung, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi dan detak jantung tidak teratur. Kurang tidur juga dapat menyebabkan masalah mental seperti depresi. Orang yang terkena masalah ini memerlukan perawatan medis serius untuk menyembuhkannya. Selain itu kurangnya tidur juga memicu anda terkena Kanker. Berdasarkan data dari National Sleep Foundation, kurangnya tidur dapat memicu wanita terkena Kanker Payudara sebesar 30% dan Kanker Prostat pada Laki-laki.

  1. Menyebabkan Obesitas

Tidak jarang Remaja berfikir bahwa semakin lama waktu mereka tidak tidur, energi mereka semakin terkuras sehingga membangun mindset berat badan tidak akan bertambah. Tetapi, pada faktanya, orang yang kurang tidur berpotensi meningkatkan Hormon Ghrelin yaitu hormone yang dapat merangsang rasa lapar atau nafsu makan pada manusia. Hal ini menyebabkan Remaja makan berlebih di malam hari dan hal ini menyebabkan Obesitas pada Remaja jika dilakukan terus-menerus.

  1. Menyebabkan penuaan diri

Disaat anda kurang tidur, Kulit anda banyak melakukan perubahan. Contohnya; Kantung Hitam, Mengkerutnya kulit, Kulit menjadi kusam. Hal ini terjadi karena Hormon Koristol. Hormon Kortisol diketahui dapat memecah protein dalam kulit dan menyebabkan hilangnya elastisitas kulit, hal ini menyebabkan pengembangan garis-garis halus dan kerutan di kulit. Hormon Kolistol ini dapat menghancurkan kolagen yang terdapat pada kulit yang berfungsi menghaluskan dan menjaga elastisitas kulit.

Faktor diatas membuktikan bahwa Pola Tidur yang buruk dapat berpengaruh buruk pada kehidupan dan kesehatan. Meskipun hal ini terdengar sepele, tetapi jika kebiasaan buruk ini larut dilakukan, bisa menyebabkan kefatalan yang serius.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang dapat mengatasi ini. Seperti, mengatur waktu tidur dengan cara ini anda akan bisa lebih tertib terhadap jam tidur anda. Hal simple yang bisa anda lakukan adalah mematikan televisi, laptop dan gadget anda karena semakin sering anda menggunakan gadget, anda bisa lupa waktu akan penggunaannya. Hal lain yang bisa anda lakukan adalah mengatur waktu penggunaan Social Media di Hanphone anda. Jadi, jika anda menggunakan gadget melebihi limit waktu, Social Media tersebut tidak bisa terbuka kecuali di reset ulang.

Mengonsumsi makanan yang sehat juga dapat berpengaruh baik dalam pola tidur, Jika makanan anda sehat maka badan akan fit, sehingga detak jantung anda pun berdetak normal dan sirkulasi anda pun bagus.Selain hal diatas, sirkulasi udara yang bagus juga membuat pola tidur anda menjadi bagus dan sehat. Jangan terlalu sering menggunakan AC berlebihan dikarenakan bisa menyebabkan penghamatan pada darah. Usahakan menggunakan timer pada AC supaya udara di kamar anda selalu terkontrol dengan baik dan sehat.

Tidur dengan cukup adalah hal yang penting bagi setiap orang, sehingga jika anda mengalami gangguan tidur yang tidak bisa ditangani, maka sebaiknya konsultasilah kepada Dokter agar bisa mendapat solusi yang tepat. (Anisha Felishabella Pahrevi, PR Student of London School of Public Relations Jakarta)

 

redaksi

No comment

Leave a Response