PM Jepang Bikin Pemerintah Cina Uring-uringan

 

Matamatanews.com, BEIJING – Kunjungan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe ke Filipina, Australia, Indonesia dan Vietnam membuat gusar pemerintah Cina. Negeri tirai bambu itu khawatir jika Abe mencoba mencegah upaya Beijing untuk merangkul negara-negara tetangganya di sekitar Laut Cina Selatan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Hua Chunying mengatakan, “Pemimpin Jepang itu berusaha keras memecah belah dan memanipulir ketegangan kawasan, dan ini memperlihatkan niat dan pikirannya yang tidak baik,” ujarnya.

“Lawatan Abe berlangsung pada saat Beijing dan tetangga-tetangga di kawasan berhasil menstabilkan situasi di Laut Cina Selatan.” tambah Chunying.

Di Filipina, Abe mengatakan bahwa isu Laut Cina Selatan berpengaruh pada perdamaian dan stabilitas kawasan. Abe juga menegaskan, masalah di Laut Cina Selatan telah menjadi “keprihatinan seluruh masyarakat internasional.”

Abe menyambut baik upaya Presiden Filipina, Rodrigo Duterte untuk meningkatkan hubungan Filipina dengan Beijing, seiring kemenangan Filipina dalam sidang arbitrase tahun lalu yang menyatakan klaim maritim Cina tidak sah. Sementara itu, Cina menolak putusan arbitrase itu dan memperingati AS dan negara-negara lain agar tidak mencampuri sengketa wilayah yang ingin diselesaikan Cina melalui perundingan langsung dengan Filipina.

Abe juga menjanjikan peluang investasi dan dukungan bagi pengawal pantai Filipina dan Vietnam dalam melindungai perairan mereka. PM Jepang itu juga mengatakan, pemerintah Jepang akan memberikan bantuan kapal patroli baru untuk kedua negara. [Did/Kmp/Berbagai Sumber]

sam

No comment

Leave a Response