Pilkades Tahap Dua, 36 Cakades Petahana Tumbang, Penyebabnya Tidak Diketahui

 

Matamatanews.com, BREBES—Pilkades - Pemilihan Kepala Desa Serempak Tahap Dua memunculkan berbagai kejutan, mengingat dari 372 Calon Kepala Desa, 63 diantaranya calon Incumbent atau Petahana.Namun sebagian besar dari mereka harus rela menyerahkan tampuk kepemimpinan kepada Cakades baru.Sebanyak 36 Cakades petahana tumbang, kalah dengan para penantang baru  dalam merebut suara rakyat di desanya Minggu 15 Desember 2019.

Munculnya para cakades baru yang berangkat  dari berbagai kalangan menandakan jabatan Kades saat ini menjadi idola.Dengan munculnya Dana Desa yang semakin tahun nilainya selalu bertambah.memancing kandidat baru dari berbagai profesi turut terjun ke dalam kancah politik di desanya.

"Hal itulah yang memicu semangat para Calon Kepala Desa yang sebelumnya tidak melirik jabatan Kepala Desa.

Semangat yang tinggi rupanya membuat cakades baru melakukan berbagai upaya agar bisa memenangkan pertarungan pada Camat Bumiayu Drs Apriyanto Sudarmoko mengatakan untuk Wilayah Kecamatan Bumiayu jalannya Pilkades berjalan aman dan kondusif.

"Penyelenggaraan Pilkades di Bumiayu aman terkendali.

Ada lima Desa yang mengikuti Pilkades Serentak Gelombang II.  Jatisawit, Kalierang, Negara Daha, Pamijen, dan Desa Laren.Dua petahana, yakni Desa Kalierang dan Jatisawit harus kalah dengan Cakades baru " terang Apriyanto.

Sementara untuk Kecamatan Paguyangan Pilkades diselenggarakan di Desa Raga Tunjung, Kedung Oleng, Paguyangan, serta Desa Pakujati, dengan hasil , dua  Cakades Petahana tumbang yakni dari Desa  Kedung oleng  dan Desa Pakujati.Sekretaris Panitia Pilkades Serentak Tahap II Kabupaten Brebes N Faizin kepada wartawan  mengatakan, ada sebanyak 108 desa yang melaksanakan Pilkades serentak pada Minggu (15/12).

Dari jumlah tersebut sebanyak 63 cakades merupakan calon petahana.Namun sesuai hasil perhitungam suara, hanya  27 cakades petahana yang kembali terpilih.Sedangkan  Sisanya, sebanyak 36 cakades petahana kalah.

“Sesuai hasil Pilkades kemarin, ada sebanyak 36 calon petahana yang tumbang dan hanya 27 cakades petahanan yang kembali terpilih " jelas Faizin  ( Purwanto)

 

 

redaksi

No comment

Leave a Response