Petugas Bandara Sentani Gagalkan Penyelundupan Senpi

 

Matamatanews.com.JAYAPURAPetugas kargo PT Nayang Citra Baliem, Bandara Udara Kelas 1 Utama Sentani, Papua berhasil menemukan paket berisi senjata api (senpi) yang hendak dikirim dari Nabire menuju Semarang, Kamis (29/9/2016).

Pada Jumat (30/9/2016) Kapolsek kawasan Bandara Sentani Jayapura, Iptu Wilston Latuasan mengungkapkan, peket berisi senpi itu dikirim dari Nabire melalui kantor pos dengan menggunakan pesawat Garuda GA-7654. Kemudian dilanjutkan dengan penerbangan GA-657 dari Jayapura – Jakarta dan transit di Semarang.

Senpi laras pendek terbungkus rapih dalam kardus. Namun saat pemeriksaan di X-ray Kargo Bandara Sentani, petugas mencurigai isi paket tersebut. Kemudian paket tersebut dibongkar dan ditemukan sebuah senjata api.

“ Karena dicurigai paket itu berisi senpi maka petugas Avsec Bandara memanggil petugas kantor pos. Kemudian mereka bersama – sama membuka isi paket tersebut,” ungkap Wilston. Setelah paket dibongkar dan ditemukan senpi laras pendek yang dimasukan ke dalam mesin sepeda motor kemudia dilakban warna coklat.

“ Dari hasil pemeriksaan, senpi tersebut berjenis revolver, kaliber 3,8 mm dengan nomor seri BHL 480378, bagian pendorong silinder tidak berfungsi, pelatuk sudah dalam kondisi tidak asli dan pen pembuka silinder tidak ada,” tutur Wilston.

Paket bernomor resi 089908640 dengan nomor transaksi 169885100000000038, penerima atas nama Setyaningsih/Aris yang beralamat di Karang Anyar Gunung, RT 03/02, Semarang 50255. Saat ini paket tersebut berada di Polsek Nabire untuk selanjutnya dilakukan penyelidikan.

“ Pengirim paket itu atas nama Adi Bengkel dengan alamat Jalan Poros, Kampung Baru, Nabire. Namun kita belum bisa memastikan senjata itu asli atau rakitan. Kita berencara akan berkoordinasi dengan Polda Papua untuk dilakukan pemeriksaan,” lanjutnya. (Adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response