Petani Binaan Panen Kacang Tanah Didampingi Babinsa Madukara

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA - Sebagai ujung tombak TNI AD, Babinsa senantiasa berada di tengah masyarakat untuk pembinaan teritorial, salah satunya adalah pendampingan kepada para petani di desa binaannya. Seperti halnya Peltu Sumadi Babinsa Koramil 14/Madukara ini tengah membantu warga memanen kacang tanah di lahan milik Bera (45) warga Kelurahan Kenteng Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara. Selasa (13/10/2020).

Peltu Sumadi mengatakan panen dilakukan pada area tanaman kacang tanah seluas kurang lebih satu hektar, tanpa melupakan Protokol Kesehatan dimanapun dan kapanpun.

"Tanaman kacang tanah yang dipanen merupakan hasil jerih payah Bera, selama tiga bulan mulai dari penyiapan, penanaman, perawatan sampai panen secara gotong-royong ini, " katanya.

Menurutnya, lahan pertanian di wilayah binaan Koramil 14/Madukara lebih memilih ditanam kacang tanah sebagai tanaman selingan tanaman padi yang saat ini harganya naik turun tak menentu.

"Menyiasati musim tanam kali ini, kami memang mengandalkan kacang tanah, bukan tanpa alasan, teknis penanaman kacang tanah ini hanya sekali memerlukan air yakni saat awal tanam saja. Selanjutnya dirawat sampai menunggu masa panen, dan ini dirasa cocok dengan cuaca saat ini, dimana curah hujan turun tidak menentu," ujarnya.

Sementara itu, Bera pemilik lahan pertanian mengatakan bahwa tanaman kacang tanah yang dipanen sudah berumur 90 hari/ 3 Bulan dan sudah waktunya dipanen.

"Lahan yang digarap ini adalah upaya dari Babinsa yang selalu aktif memberikan motivasi dan semangat bercocok tanam yang baik, dimana disaat tanamam Padi kurang efektif pada saat ini. Bahkan tak sungkan-sungkan selalu bersama warga menggarap lahan dari awal sampai akhir tanam", ujarnya.

"Terima kasih atas pendampingan dari Babinsa yang telah memberikan motivasi kepada kami dari masa tanam sampai saat panen tiba", pungkasnya. (Pendimbna/Nusa).

 

redaksi

No comment

Leave a Response