Pesawat Buatan Indonesia Semakin Diakui Dunia

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menuturkan bahwa dunia semakin mengakui kualitas dari pesawat buatan Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan pengeksporan pesawat terbang CN235-220M Multi Purpose Aircraft (MPA) yang dilakukan oleh PT Dirgantara Indonesia ke Senegal.

Senegal sendiri telah mengoperasikan satu unit pesawat terbang CN235-220M yang digunakan untuk berbagai misi, menjadi angkutan VVIP hingga berbagai misi evakuasi medis.

Pada akhir November lalu, PT Dirgantara Indonesia telah berhasil menyelesaikan pesawat CN235 pesanan Royal Thai Police. Pesawat tersebut juga diminati oleh Presiden Republik Guinea, Alpha Conde yang mengatakan ketertarikannya dengan pesawat tersebut.

Pesawat CN235 mampu lepas landas dengan jarak yang pendek dan kondisi landasan yang belum beraspal. Selain itu, pesawat tersebut mempunyai ramp door yang dapat membawa kargo ataupun kendaraan.

Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia, Budi Santoso mengatakan, sebanyak 62 unit pesawat terbang CN235 telah diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam dan luar negeri. Untuk pelanggan dalam negeri sendiri, pesawat tersebut digunakan oleh TNI AU, TNI AL dan Merpati Nusantara Airlines.

Budi menambahkan, sebanyak 35 unit pesawat telah diekspor kepada pelanggan yakni Venezuela, Senegal, Uni Emirat Arab, Burkina Faso, Pakistan, Turki, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam dan Korea Selatan. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response