Pesawat Bomber Cina Bikin Resah Lagi

 

Matamatanews.com,JAKARTA – Dengan ambisi yang tinggi, Angkatan Udara Cina tengah mengembangkan pesawat pembom jarak jauh terbaru. Sebagai salah satu langkah modernisasi militer yang semakin berkembang. Dengan suara lantang Kepala Staf Angkatan Udara Cina, Marsekal Ma Xiaotian, mengatakan bahwa negaranya akan terus meningkatkan kemampuan menyerang jarak jauh, serta masih banyak lagi perbaikan besar di masa mendatang. "Kami sedang mengembangkan bomber jarak jauh generasi baru yang dapat Anda lihat di masa depan," kata Ma, seperti dikutip Reuters, Jumat, 2 September 2016.

Saat ini Cina melakukan penelitian peralatan militer yang lebih canggih dan moderen, diantara peralatan yang sedang di kembangkan oleh Cina ialah kapal selam, kapal induk dan rudal antisatelit. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh Militer Cina ini membuat dunia internasional dan regional merasa resah, tak terkecuali negeri paman sam (Amerika Serikat).

Sudah bukan rahasia umum , Cina memiliki beragam masalah kedaulatan. Sengketa Laut Cina Selatan dan Timur, dan ancaman Taiwan untuk merdeka. Hal ini membuat negeri yang dikenal dengan sebutan negeri tirai bambu itu harus meningkatkan kemampuan armada militernya, terutama angkatan laut dan udara. Selain permasalahan tersebut, selama bertahun-tahun Angkatan Udara China hanya mengandalkan tipe pesawat Rusia, berusaha mengembangkan pesawat silumannya sendiri.

Ma mengatakan bahwa pihaknya sedang memasuki tahap “transformasi” untuk mengubah mindset militer, dari hanya sekedar kuantitas menjadi lebih berkualitas. Secara bertahap, 73 persen dari seluruh Angkatan Bersenjata Cina di dominasi  Angkatan Darat akan dikurangi sekitar 2,3 juta personel. (Did/ berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response