Pesan Penting Peringatan Hari Pahlawan ke 76, “Kita Harus Lebih Maju dari Tahun Sebelumnya”

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA - Upacara bendera memperingati Hari Pahlawan tahun 2021 tingkat Kabupaten Banjarnegara berlangsung khidmat di halaman Kantor Sekretariat Daerah, Rabu (10/11/2021). Upacara peringatan hari pahlawan ke-76 yang mengusung tema ‘Pahlawanku Inspirasiku’ ini dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan penanganan pandemi Covid-19.

Plh. Banjarnegara,  H. Syamsudin, S.Pd, M.Pd, bertindak selaku inspektur upacara. Sedangkan komandan upacara dipercayakan kepada Camat Bawang Anton Risdianto SSTP. Hadir dalam upacara tersebut Forkopimdan Banjarnegara, antara lain Dandim 0704 Letkol Arh Sujaedi Faisal, Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto, dan Ketua DPRD Ismawan Setyo Handoko. Hadir pula para kepala OPD dan perwakilan ASN sebagai peserta upacara.

Pada upacara tersebut dilakukan pengibaran bendera Merah Putih oleh petugas dari Satpol PP dan pembacaan pesan-pesan Pahlawan, antara lain pesan pahlawan nasional Nyi Ageng Serang, Jenderal Soedirman, Profesor Dr R Soeharso, Profesor Mohammad Yamin SH, Supriyadi dan Teuku Nyak Arif serta Abdul Mu’is juga Pangeran Sambernyowo/KGPAA Mangkunegoro I.

Plh Bupati Banjarnegara yang membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial RI mengajak, agar seluruh masyarakat saling bahu-membahu dan saling menghormati pengorbanan para pahlawan. Selain itu agar mampu memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

"Kita harus lebih maju dari tahun sebelumnya, kita akan buktikan pada dunia, kalau bersama kita bisa mewujudkan cita-cita para Pahlawan. Karena kita bukanlah bangsa lemah, yang menerima kemerdekaan sebagai hadiah penjajah, secara bersama kita mengalahkan dan mengusir bala tentara terkuat dunia," ujar Plh Bupati yang membacakan naskah sambutan Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

Peringatan Hari Pahlawan, lanjutnya, haruslah menjadi teladan semangat juang tanpa mengenal perbedaan, keterbatasan atau halangan. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 Pahlawanku lnspirasiku. Kita mempunyai potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan.

“Semangat gotong royong harus digelorakan. Terlebih kebhinekaan yang ada di Indonesia justru semakin memperkaya dan memperkuat Bangsa Indonesia, dengan senantiasa mengembangkan sikap toleransi,” tegas Plh Bupati bupati dalam pembacaan sambutannya.

Selesai upacara dilanjutkan dengan upacara dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sureng Yudha, yang dipimpin oleh Dandim 0704 Letkol Arh Sujaedi Faisal. (Jof).

redaksi

No comment

Leave a Response