Perjalanan Haji Ketua Takmir Masjid Agung Baitussalam Purwokerto (1)

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO—Humas Takmir Masjid  Agung Baitussalam Purwokerto Alief Einstein mengungkapkan, Dr.H.Muh.Hizbul Muflihin,BA.MPd, 56 , Ketua Takmir MAB di Takmir Masjid Agung Baitussalam (MAB) Purwokerto adalah salah satu jamaah haji Indonesia dari Purwokerto Kab.Banyumas yang tergabung dengan Kloter 67 SOC (embarkasi Solo).

Dalam perbincangannya Sekretaris Lembaga Penjamin Mutu IAIN Purwokerto tersebut mengatakan bahwa Kloter 67 terdiri dari 8 Rombongan (Rom). Rom 1 dan 2 dari Kab Kudus, Rom 3 Jamaah Mandiri, Rom 4 H.Martono, Rom 5 dan 6 Mandiri Kemranjen, Rom 7 dan 8 KBIH Muhammadiyah Kab.Banyumas. 

"Kami berangkat hari Kamis (25/07/19) pukul 09.30 WIB bersama calon haji lainnya dengan acara  pelepasan oleh Wakil Bupati Banyumas di Pendopo Kabupaten Banyumas. Tepat pukul 11.00 jamaah calon haji meluncur ke asrama Donohudan dengan bus Karya Sakti, sebelumnya transit di Ambarketawang Yogyakarta pukul 13.30 untuk sholat dan makan. Selanjutnya pukul 15.30 kqmi sampai di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Pukul 18.00 diadakan acara penyerahan calon jamaah haji yang diwakili oleh Sekda Kab.Banyumas Wahyu Budi Saptono, dilanjutkan pemeriksaan kesehatan akhir di Embarkasi. Alhamdulillah semua calon jamaah haji sehat, " ungkap Dosen Manajemen Islam IAIN Purwokerto ini.

Hisbul menambahkan hari berikutnya Jum' at (26/07/19) pukul 08.00 WIB di Asrama Haji Donohudan diadakan pembagian paket untuk calon jamaah haji yang terdiri uang living cost 1.500 SAR, gelang identitas, gelang pengganti paspor. Kemudian diadakan Sholat Jum'at dan Ashar jama' qoshor taqdim. Pukul.15.00 jamaah calon haji menjalani pemeriksaan barang bawaan. Pukul 16.00 diadakan upacara pemberangkatan. Selanjutnya bus 7 bergerak menuju Bandara Udara Internasional Adisumarmo Solo, Jawa Tengah.

Pukul 18.15 Hizbul dan rombongan sudah berada di dalam pesawat GARUDA  menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Sebelumnya pesawat transit dulu di Bandara Internasional di Padang Sumbar.

Hizbul dan calon haji lainnya tiba di Bandara King Abdul Azis Jeddah pada Sabtu (28/07) pukul 02.00 waktu setempat. Kemudian diadakan pengambilan sidik jari dan foto di kantor imigrasi Jeddah, dilanjutkan cheking jamaah dan penarikan paspor. Bus meluncur ke hotel di Makkah dan tepat pukul 06.30 Hizbul dan rombongan sudah sampai di hotel At Taeser Tower 2 wilayah Jawal masuk Sektor 10 nomor 1002. 

Sesampai di hotel, Hizbul bersama calon jamaah haji menuju Masjidil Haram dengan menaiki bus sholawat rute Jarwal - Shib Amier menempuh jarak 2,5 km.  Saat dirinya turun dari bus, jamaah di Masjidil Haram telah penuh dan udara sudah mulai terasa panas. 

Pukul 10.00 Hizbul dan jamaah lainnya melakukan umrah dengan memasuki pintu Marwa, kemudian diputuskan tawaf pertama kali saat memasuki kota Mekkah di lantai dasar. 

"Subhanalloh tidak terasa saat turun di lantai dasar saat tawaf nyaman-nyaman saja. Akan tetapi memasuki putaran tawaf ke 5 terasa penuh jamaah dari berbagai negara, " katanya.

Ini tidak dirasa saat dirinya khitmad Tawaf, ternyata jamaah lain juga turun ke lantai dasar. Setelah usai umrah dia dan jamaah pulang ke hotel untuk beristirahat. *(hen/berbagai sumber)

 

 

redaksi

No comment

Leave a Response