Peringatkan Korut, AS Sebar Sistem Rudal THAAD Di Korsel

 

Matamatanews.com.NEW YORK—Amerika Serikat berencana sebar rudal THAAD di Korea Selatan terkait salah satu sanksi bagi Korea Utara yang telah melakukan uji coba nuklirnya. Pemerintah AS menegaskan, penyebaran sistem rudal ini sudah tidak dapat ditawar lagi, karena sesuai dengan kesepakatan AS dan Korsel.

Menurut laporan yang dikutip Reuters, Sabtu (24/9/2016). Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk Asia Timur, Daniel Russel menegaskan penyebaran sistem rudal THAAD merupakan komitmen AS untuk menolak dan memberikan peringatan terhadap Korut. “ Amerika dan Korsel telah membuat keksepakatan.” tegasnya.

Ia juga menambahkan, bahwa saat ini PBB sedang menggodok sanksi lanjutan terhadap Korea Utara dan akan melakukan revisi terhadap sanksi yang telah diberikan. Sanksi internasional tersebut berupa sanksi perbankan dan mencegah pengiriman barang yang berkaitan dengan pengembangan program nuklir.

Senator Amerika Serikt, Ben Cardin mengatakan penyebaran sistem rudal di Korea Selatan itu penting. Alasannya, sistem rudal THAAD dapat menghalangi serangan Korea Utara. “ Memberi mereka kenyamanan dengan sistem pertahanan yang lebih aman ialah penting.” ujar Cardin seperti dikutip Sputinknews.

Rencanan penyebaran sistem rudal THAAD oleh Amerika Serikat untuk Korsel telah beredar selama beberapa pekan terakhir. Namun, rencana itu ditentang cina. Beijing menuduh penyebaran rudal THAAD itu dianggap bisa mengancam Cina. (adith/Berbagai sumber).

 

sam

No comment

Leave a Response