Peringatan HUT Bhayangkara Ke 73 Polres Banyumas Dipusatkan Di Alun Alun Banyumas

 

Matamatanews.com, BANYUMAS—Upacara dalam rangka HUT Bhayangkara Ke- 73 Tahun 2019  Polres Banyumas diadakan di Alun alun Kec. Banyumas pada Rabu (10.07/19). Peringatan kali ini mengambil tema " Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri Untuk Masyarakat Bangsa dan Negara." Bertindak sebagai Inspektur upacara Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, S.I.K.

Turut hadir dalam acara tersebut Danrem 071/Wk Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos, M.M., M.Han, Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra, SE, Forkompimda Kab. Banyumas, Pimpinan Ormas Kab.Banyumas, serta Kapolsek Jajaran Polres Banyumas.

Dalam sambutan Kapolri yang dibacakan oleh Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, S.I.K menyatakan,  mengucapkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini kita dapat berkumpul bersama untuk mengikuti Upacara dan Syukuran Peringatan ke-73 Hari Bhayangkara Tahun 2019.

"Peringatan Hari Bhayangkara terkait erat dengan terbitnya Penetapan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1946. Melalui Penetapan tersebut, Jawatan Kepolisian Negara yang semula berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri, ditetapkan menjadi jawatan tersendiri, yang langsung berada di bawah Perdana Menteri atau Presiden, selaku Kepala Pemerintahan. Peristiwa yang terjadi pada 1 Juli 1946 tersebut, juga menjadi momentum meleburnya berbagai elemen kepolisian ke dalam satu institusi kepolisian.

Peningkatan kinerja diwujudkan melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, profesionalisme dalam penegakan hukum, dan pemeliharaan stabilitas kamtibmas secara optimal. Perbaikan kultur direalisasikan dengan menekan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan, dan menekan kekerasan eksesif. Sedangkan manajemen media dilaksanakan pada media konvensional dan media sosial, dengan menyampaikan berbagai upaya Polri dalam pemeliharaan kamtibmas dan meminimalisir berita negatif, termasuk hoax dan ujaran kebencian.

Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi Bapak Presiden terhadap berbagai capaian Polri, khususnya dalam menghadapi berbagai agenda nasional sepanjang tahun 2018 dan 2019, mulai dari pengamanan Asian Games di Jakarta, Sumsel, Jabar, dan Banten; Asian Para Games di Jakarta; IMF-World Bank Annual Meeting 2018 di Bali, Pilkada Serentak 2018 di 171 wilayah; tahapan Pemilu 2019, Ramadhan dan Idul Fitri 2019, sampai dengan operasi penanganan bencana di berbagai daerah.

Selanjutnya kami juga siap menindaklanjuti 5 instruksi Bapak Presiden dan mempedomaninya dalam pelaksanaan tugas, yaitu:

1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

2. Mengedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial di masyarakat.

3. Meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah.

4. Meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan.

5. Memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian /Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat dalam memelihara keamanan dalam negeri.

 Kami mengucapkan terima kasih atas peningkatan tunjangan kinerja bagi personel Polri, bersama dengan TNI, sebesar 70% yang telah terlaksana selama 1 tahun, mulai tanggal 1 Juli 2018. Hal tersebut amat berarti bagi peningkatan kesejahteraan personel Polri dan TNI. Dengan demikian tersimpan harapan kepada Bapak Presiden, kiranya tunjangan kinerja anggota TNI dan Polri di masa kepemimpinan 5 tahun ke depan Insyaallah dapat meningkat menjadi 100%. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan petunjuk dan kekuatan kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara. 

Upacara dalam rangka HUT Bhayangkara Ke- 73 tahun 2019 Polres Banyumas di Alun-alun Kecamatan Banyumas merupakan agenda rutin tahunan dan dilaksanakan kerjasama antara TNI dan Polri. Soliditas dan sinergi yang ditunjukkan di berbagai event, baik dalam kegiatan-kegiatan pengamanan pemilu maupun tugas-tugas kemanusiaan, semuanya bisa berjalan dengan baik sesuai harapan kita semua, harapan TNI-Polri dan harapan seluruh masyarakat Indonesia, " pungkasnya. *(jack,hen)

 

sam

No comment

Leave a Response