Peringatan Hari Batik Nasional 2019 SMAN 1 Sokaraja Diisi Berbagai Lomba

 

Matamatanews.com, BANYUMAS -Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus dijaga kelestariannya. Salah satunya adalah menetapkan tiap tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Batik tidak hanya dikenal di dalam negeri saja tetapi saat ini gaungnya telah dikenal dunia. Seperti halnya yang dilakukan oleh salah satu SMA di Kab. Banyumas yakni SMAN 1 Sokaraja ini. Tiap tahun Peringatan Hari Batik Nasional  di SMAN 1 Sokaraja diisi dengan berbagai kegiatan bertema batik yang diikuti oleh perwakilan siswa SMP - SMA se Kab. Banyumas. Pada Hari Batik Nasional kali ini SMAN 1 Sokaraja mengambil tema " Batik Kompilasi Keragaman Budaya Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika".

Salah satu panitia Irvan menuturkan tujuan diadakannya berbagai kegiatan dalam Hari Batik Nasional kali ini adalah untuk memajukan batik yang berasal dari berbagai etnik di tanah air diaplikasikan dalam bentuk kegiatan bertema batik.

" Peringatan Hari Batik Nasional kali ini, SMAN 1 Sokaraja telah menyusun kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari yakni 1 dan 2 Oktober. Adapun kegiatannya adalah Launching batik motif keren, batik eco print massal sepanjang 130 m, lomba lukis caping motif batik, lomba desain motif batik (canting cap), drapping contest, fashion show batik casual yang diikuti siswa SMP dan SMA se Banyumas, Pemilihan duta batik, batik day expression photo contest dan spesial permormance "revolver band", " kata Irvan.

Irvan menambahkan disamping melestarikan warisan budaya nusantara peringatan Hari Batik Nasional ini juga untuk edukasi siswa siswa untuk lebih menghargai tiap pola batik karena batik merupakan budaya asli rakyat Indonesia.

" Siswa diharapkan bisa menularkan batik ke masyarakat, membuktikan bahwa batik adalah punya masyarakat Indonesia dan pengetahuan tentang batik tidak putus di orang tua saja. Kami berkeinginan tahun yang akan datang SMAN 1 Sokaraja bisa memecahkan rekor muri, mudah mudahan bisa terlaksana, " tambahnya.*(hen)

redaksi

No comment

Leave a Response