Perguruan Tinggi Jateng Raih Juara Umum ARUBALYMPICS 2020

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO - Perguruan Tinggi di Jawa Tengah berhasil merebut Juara Umum dalam Lomba Teknologi Informasi Bidang Jaringan Komputer Arubalimpiade 2020 tingkat nasional. 

"Lomba mengikuti 34 provinsi di Indonesia, dan tim PT Jateng dipimpin oleh Dosen Informatika Fak.Teknik Dr.Nurul Hidayat," Tim Promosi Unsoed Ir.Alief Einstein, M.Hum. 

Dr. ENHA panggilan sehari hari Nurul Hidayat menjelaskan, Jawa Tengah mengirimkan delegasi sebanyak 29 Perguruan Tinggi untuk mengikuti ajang bergengsi tingkat nasional Arubalimpiade 2020. 

Kegiatan ini dikompetisikan mulai 3 - 17 Agustus 2020 yang diawali dengan Upacara Pembukaan dan Persiapan validasi akun peserta pada tanggal 3 Agustus 2020. Kemudian, tanggal 17 Agustus 2020 Jam 19.00 diadakan acara Penutupan Arubalimpiade Upacara 2020 "Keberhasilan Pelajar Menuntut Scalable, Reiable, dan Intelligent Network secara Online salah satunya sharing sesion oleh Prof Zainal A. Hasibuan, ”kata Dr. ENHA. 

Prof Zaenal A.Hasibuan sendiri menyatakan bahwa Ajang Arubalympics ini sebagai bentuk Kolaborasi antar kampus dan juga menambah Knowledge bidang Technology Information serta melatih empati dan kepemimpinan para Delegasi Kampus.

Arubalimpiade sendiri menurut Dr.ENHA adalah sebuah ajang bergengsi yang dibuat dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan inisiatif link-and-match antara perguruan tinggi dan dunia industri yang diikuti oleh 34 provinsi, setiap provinsi di pimpin oleh seorang Rajawali. Untuk Rajawali Jawa Tengah dipimpin Dr.Nurul Hidayat.

Ketua Kontingen (Rajawali) Jawa Tengah ini mengatakan Arubalympics 2020 adalah sebuah inisiatif kolektif yang diprakarsai oleh Aruba, APTIKOM, dan Ekoji Academy sebagai bagian dari program link-and-match antara perguruan tinggi dan dunia industri berbasis e-learning dan e-competition.

Aruba (a Hewlett-Packard Enterprise Company) dengan Aptikom dan Ekoji Academy memberikan beasiswa kepada 500 kampus informatika untuk mengikuti pelatihan berbasis e-learning dengan tema bahasan “The Intelligence Campus Network 4.0”. Beasiswa diberikan kepada satu kelompok delegasi per kampus yang terdiri dari enam orang, masing-masing adalah dua orang dosen dan empat orang mahasiswa, "jelas Dr.ENHA.

Kontingen Jawa Tengah menjadi Juara Umum dari 34 Provinsi yang mengikuti Arubalympics 2020 dengan Perolehan Mendali 16 Emas, 12 Perak, dan 29 Perunggu. Adapun 29 Delegasi dari Jawa Tengah sebagai berikut : Universitas Sains Al-Qur'an, Universitas Muhammadiyah Magelang, Universitas Peradaban, Universitas Amikom Purwokerto, STMIK Widya Utama Purwokerto, Universitas Sebelas Maret, UNUGHA CILACAP, Politeknik Negeri Cilacap, Universitas Surakarta (UNSA), Universitas Widya Dharma, Universitas Nahdatul Ulama Al-Ghazali, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas AKI, Universitas Negeri Semarang, IAIN Pekalongan, Universitas Diponegoro, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Purworejo, STMIK YMI Tegal, STMIK Sinar Nusantara, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, Universitas Muria Kudus, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Harapan Bangsa, Universitas Muhammadiyah Surakarta, STIKOM Yos Sudarso Purwokerto, STMIK Pekalongan. 

"Adapun untuk Juara ke-2 Provinsi Sumatera Selatan dan Juara ke-3 DI.Yogyakarta, "kata Dr.ENHA.

Lebih lanjut Dr.ENHA menjelaskan Arubalympics dikemas dalam bentuk sesi pembelajaran secara virtual (asynchrounus e-learning) yang diselenggarakan selama 9 (sembilan) hari “berturut-turut”, dengan perincian topik bahasan sebagai berikut:

1. Rabu, 5 Agustus 2020: The New Campus Wireless Standar Wifi 6

2. Kamis, 6 Agustus 2020: Next Generation IT Experience with CX Switch

3. Jumat, 7 Agustus 2020: Remote Teaching and Learning Solution

4. Sabtu, 8 Agustus 2020: Network First Line Defence of Cyber Threat

5. Senin, 10 Agustus 2020: Beware with Invisible Devices in Your Network

6. Selasa, 11 Agustus 2020: Simple but Secure Network Security

7. Rabu, 12 Agustus 2020: Switch Technology Analytics with Artificial Intelligence

8. Kamis, 13 Agusttus 2020: Academian Experience Insight

9. Jumat, 14 Agustus 2020: Artificial Intelligence in Future Wireless Network.

"Bagi mereka yang berhasil memperoleh secara lengkap sembilan buah Certificate of Completion akan mendapatkan Certificate of Proficiency yang dikeluarkan oleh Aruba International, lengkap dengan transkrip nilai yang diperoleh, katanya.

Pada program akhir, 34 (tiga puluh empat) perguruan tinggi yang paling banyak mendapatkan Sertifikat Penghargaan akan mendapatkan penghargaan khusus berupa Arubalimpiade Penghargaan Kampus Tahun Ini yang dikeluarkan oleh Aruba International yang disahkan oleh berbagai asosiasi profesi informatika di Indonesia. Sedangkan kampus yang terbaik juga dari Jawa Tengah yaitu UNNES yang mendapatkan 15 Mendali Emas, 7 Mendali Perak, dan 3 Mendali Perunggu juga Kampus Universitas Muria Kudus salah satu 34 Kampus dengan nilai tinggi. (Hen / berbagai sumber)

 

redaksi

No comment

Leave a Response