Perbandingan SSD dengan HDD

 

Matamatanews.com,JAKARTA—HDD telah menjadi standar penyimpanan untuk pc dan laptop,seiring perkembangan teknologi,media penyimpananpun ikut mengalami perkembangan, SSD adalah generasi terbaru penyimpanan yang merupakan pengembangan dari SSD.

Pada dasarnya SSD sama dengan HDD, hanya saja pada SSD data tidak disimpan di pita magnetic seperti HDD,SSD menyimpan data pada chip memory flash yang saling terhubung. Berbeda dengan flashdisk chip flash memory pada SSD memiliki kecepatan yang berbeda jauh dari flashdisk,dengan kapasitas yang sama, harga SSD jauh lebih tinggi dari flashdisk dan HDD.

1.Ukuran

Komponen material HDD seperti Platter,head, dan lain-lain sangat berpengaruh terhadap ukuran serta berat HDD itu sendiri,karna teknologi HDD sangat bergantung pada putaran piringan. Hal ini membuat batasan seberapa kecil HDD dapat diproduksi. Sedangkan SSD terbebas dari batasan tersebut, sehingga ukuran SSD dapat disusutkan seiring dengan perkembangan zaman. Ukuran SSD yang tersedia sekarang adalah 2.5 inch, diperuntukkan untuk pengguna laptop,tapi sekarang tidak hanya pengguna laptop, kemampuan SSD yang mampu beradaptasi dengan mudah dengan ukuran laptop atau tablet dan PC.

2.Komponen

HDD terdiri atas piringan,motor dan lengan yang saling terhubung,proses penulisan dan pembacaan data melalui proses mekanik dimana piringan diputar oleh motor dan ujung dari lengan yang terhubung ke komponen elektronik yang mengolah data menempel pada piringan yang berputar dan melakukan aktivitas penulisan serta pembacaan data. SSD dalam memproses data,menulis dan membaca data tidak didukung oleh mekanik,dalam SSD tidak ada komponen seperti motor dan lengan yang ada pada HDD. Pada SSD hanya terdapat Intergrated Circuit,Micro chip,kapasitor,proses membaca dan menulis sama dengan flashdisk dan memori RAM.

3.Kecepatan

Kecepatan baca tulis SSD bisa 8 kali lebih cepat disbanding HDD,PC yang terpasang SSD dapat melakukan booting lebih cepat disbanding dengan HDD tapi tergantung spesifikasi,yang pasti HDD tidak lebih cepat dibanding SSD.

4.Efek

HDD dengan unsur mekanik:

  • Panas yang berlebihan
  • Konsumsi daya yang tinggi
  • Menimbulkan noise karna putaran motor dan piringan

SSD tidak dengan unsur mekanik:

  • Suhu tidak setinggi HDD
  • Komsumsi daya hemat
  • Tidak berisik karna tidak ada piringan dan motor

5.Fragmentasi

Efek dari fragmentasi adalah turunnya kinerja HDD,untuk memulihkan keadaan ini kita biasanya akan melakukan defrag,pada SSD kita tidak perlu memikirkan fragmentasi karna data tersimpan pada chip flash.

Umur SSD

SSD merupakan Chip NAND Flash yang memiliki usia pemakaian. Semakin banyak write maka chip akan lebih cepat rusak. Umur SSD skan menurun setelah beberapa kali dimasukkan data,

Rata-rata SSD mampu bertahan sampai 600TB kali tulis, tapi ada beberapa perbedaan pada beberapa merk seperti contohnya smua berjalan baik sampai pada 600TB,tapi Samsung 840 mampu bertahan sampai 900TB, Corsair Neutron GTX mampu bertahan melewati 1000TB, Samsung 840 Pro & Kingston HyperX 3K masih mampu melewati test 700TB

Harddisk ketika rusak yang terjadi data hilang total dimulai dari kerusakan mekanik,lengan sampai tidak bias bekerja lagi, berbeda dengan SSD,sel chip yang rusak akan permanen terjadi,tetapi tidak merusak semua data yang ada,SSD akan mengalami kelambatan sampai rusak total. Dan tentu SSD akan memberikan peringatan sebelum rusak.(Agung Ace/berbagai sumber/obengplus)

sam

No comment

Leave a Response