Perangi Abu Sayyaf, 12 Tentara Filipina Tewas

 

Matamatanews.com,FILIPINA--Dalam baku tembak antara tentara Filipina dengan militan Abu Sayyaf yang terjadi di Selatan negara itu menewaskan 12 tentara Filipina. Filemon Tan, juru bicara militer Filipina mengatakan peristiwa ini terjadi di hari kelima penyerbuan ke militan Abu Sayyaf. Baku tembak yang berhubungan dengan ISIS itu terjadi selama 1.5 jam di Kota Patikul di Pulau Jolo. “ Kami kehilangan 12 personil tentara Filipina. Namun tidak dapat dipastikan berapa orang musuh yang tewas, tapi diperkirakan sekitar 30 orang musuh yang tewas.” ujar Tan.

Baku tembak terjadi setelah militan Abu Sayyaf melakukan penyergapan terhadap pasukan Filipina. Diantara yang tewas adalah seorang letnan muda. Operasi militer dilancarkan pada Kamis lalu di Patikul setelah Presiden Roudrigo Duterte memerintahkan untuk menghancurkan kelompok militan setelah mereka memenggal seorang warga yang diculik yang keluarganya terlalu miskin untuk membayar tebusan.

Para pejabat mengatakan, tewasnya korban di pihak militer terjadi setelah tentara menewaskan 21 orang kelompok bersenjata Abu Sayyaf termasuk seorang komandan penting, pada pertempuran Jumat dan Sabtu. Dalam daftar tawanan Abu Sayyaf terdapat delapan warga negara Indonesia, lima warga negara Malaysia, dan juga delapan warga negara Filipina. (Aditia/Reuters/CNN/Berbagai sumber).

sam

No comment

Leave a Response