Perang Memanas, Warga Sipil Di Hasaka Melarikan Diri

 

Matamatanews.com,SURIAH—Memanasnya pertempuran antara tentara Kurdi Suriah, YPG dan pasukan Presiden Bashar al- Assad, warga sipil di Hasaka melarikan diri. Pada kamis lalu, jet tempur Amerika Serikat telah dikirim ke Hasaka dengan tujuan untuk melindungi operasi khusus di medan perang dan sebagai respon serangan udara Suriah, ungkap pejabat Pentagon.     

YPG merupakan pasukan koalisi dengan milisi Arab yang didukung Amerika Serikat untuk memerangi ISIS. Otoritas Kurdi telah mengevakuasi warga sipil dari daerah kekuasaannya. ujar Redur Xelil selaku juru bicara YPG. Xelil mengatakan, “ Siapa pun yang bisa memerangi rezim dan gengnya, situasi kami sejauh ini, defensif tetapi akan berubah jika rezim meningkat seperti ini, kutip Reuters.

Namun pasukan Assad menuding pasukan yang berhubungan dengan YPG dan Asayish, melakukan provokasi termasuk memborbardir polisi militer di Hasaka, yang menewaskan tentara dan warga sipil. Menurut militer Suriah, bahwa Asayish bertujuan untuk mengambil alih Hasaka, dan militer hanya merepon dengan menggempur asal tembakan.

Warga memanfaatkan waktu tenang dalam peperangan untuk melarikan diri, tegas Lembaga Pemantau Konflik Suriah, Syrian Observatory for Human Rights.(Aditia/Reuters/CNN/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response