Penyematan Baret Merah 150 Prajurit KOPASSUS Angkatan 103

 

Matamatanews.com,  CILACAP—Sebanyak 150 siswa komando Angkatan 103 dilantik oleh Danjen KOPASSUS Mayjend TNI I Nyoman Cantiasa pada Rabu (14/08/19) di Pantai Permanis Nusakambangan Kab. Cilacap. Pada penyematan baret merah tersebut hadir juga Danpusdik Kopassus Kolonel Dedi Agustinus beserta staf.

“Saya bangga karena anak anak ini bisa menyelesaikan pendidikan Pasukan Khusus dengan baik. Mereka sudah menyelesaikan pendidikan kurang lebih 7 bulan, dari 177 siswa yang dinyatakan lulus hanya 150 orang, 27 orang gugur dalam perjalanan. Bisa karena sakit, karena psikologi maupun akademiknya, " kata Danjen KOPASSUS Mayjend I Nyoman Cantiasa saat ditemui Matamatanews.com. 

I Nyoman Cantiasa menambahkan mereka adalah calon calon pengganti Kopassus di masa depan. Ada perwira, bintara maupun tamtama, karena merekalah yang nantinya akan melanjutkan atau mewakili Kopassus kedepannya. 

" Kita sebagai senior, pelatih, pembina benar-benar harus siap fisik, akademik, kepribadian maupun ketrampilannya, sehingga nantinya mereka bisa menjaga NKRI dari berbagai ancaman yang ada, " ungkapnya.

Pendidikan KOPASSUS dimulai 31 Januari 2019 dan berakhir 14 Agustus 2019 , kini menyisakan 150 prajurit dan berhak mendapatkan penyematan baret merah. 150 prajurit tersebut terdiri dari 23 perwira, 109 bintara, 18 tamtama. 

Peringkat terbaik Perwira yang mendapat Sangkur Perak adalah Letda Inf. M Suhangga, Letda Inf. Rovi Ardya Prawira dan Letda Inf. Rizal Nino Wicaksoni. Bintara Terbaik adalah Gabriel Jordan Tusalakh dan Tamtama Terbaik  Amirudin.

Selain para pejabat Kopassus maupun TNI, tampak hadir pula keluarga prajurit yang dinyatakan lulus  untuk menyaksikan putra kebanggaanya dilantik menjadi prajurit komando. Isak tangis dan haru serta bangga mewarnai prosesi acara tersebut, ketika para orangtua menyematkan baret merah di kepala para putranya.(Nusa)

 

redaksi

No comment

Leave a Response