Penyegaran Manajemen dan Redaksional Ditubuh Matamatanews.com

 

Matamatanews.com, JAKARTA—Untuk menjadikan media online Matamatanews.com ini tetap eksis dan berkembang seperti media lainnya yang telah mapan memang butuh keberanian luar biasa. Luar biasa karena harus  mereposisi struktur yang telah berjalan dilingkungan redaksional, seperti Wakil Pemimpin Redaksi (Wapemred), Wartawan,Kepala Biro hingga Reporter, padahal kondisi keuangan kami tidak sehebat dan fantastis media mainstream.

Wakil pemimpin redaksi yang semula dipegang  Andi J Amansari, kini jabatan tersebut dipercayakan kepada Djarot Budianto, mantan tentara angkatan 1983 dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal  (Brigjen) namun pernah menangani bidang penerangan.Meski berasal dari dunia militer, Djarot bukanlah orang yang awam dengan media, ia dikenal banyak para awak media, baik  cetak, radio, televisi, maupun media online.

Djarot berharap Matamatanews.com lebih lugas,tegas, dan jernih dalam menuangkan beritanya kepada publik sehingga apa pun peristiwa yang terjadi diluar sana bisa disajikan seutuh mungkin tanpa dikurangi maupun ditambah. Sebagai  wakil pemimpin redaksi baru,Djarot ingin melihat adanya pembaruan dan inovasi baru ditubuh media ini. Dan setali tiga uang, pemimpin perusahaan sekaligus pemimpin redaksi menyambut gagasan sang Wapemred untuk melakukan pembenahan redaksional termasuk dijajaran induk perusahaan, PT Satria Media Tama.

Percayalah, pergantian wakil pemimpin redaksi, wartawan, kepala biro, maupun reporter  bukan didasari like and dislike seperti lazimnya yang berlaku dalam dunia politik.Pergantian tersebut hanya bermuara demi kepentingan jangka panjang dan soliditas ditataran redaksional sehingga wajah media ini tidak melulu di dominasi wajah lama.

Percayalah, sedikit pun tidak ada niatan kami untuk menyingkirkan seseorang hanya karena  dorongan prasangka, begitupun penerapan perubahan dan pergantian ditubuh Matamatanews.com yang mulai diberlakukan sejak 12 Juni 2019 lalu.Dan sekali lagi pergantian dan perubahan tersebut di dasari atas pertimbangan keinginan penyegaran manajemen dan kepentingan jangka panjang agar lebih fresh dan ramping ditubuh redaksional.

Selamat Tinggal Kepala Biro (Ka.Biro)

Dalam upaya merampingkan manajemen dan tata kelola media ini lebih fresh dan ramping operasionalnya, diputuskan sejak 12 Juni 2019 lalu, seluruh Kepala Biro (Ka.Biro),wartawan, maupun reporter daerah untuk sementara ditiadakan sampai ada  pemberitahuan lebih lanjut dari kantor pusat Matamatanews.com di Jakarta.

Kartu Wartawan (Press Card)

Selain meniadakan Kepala Biro, kami juga memberlakukan Kartu Wartawan (Press Card) baru sebagai kebijakan penyegaran manajemen dan perampingan redaksional. Untuk itu, kami tidak lagi mengeluarkan atau bertanggungjawab terhadap penggunaan kartu wartawan lama yang digunakan wartawan kami  dalam menjalankan aktivitas  jurnalistiknya dilapangan.

Kartu wartawan lama hanya berlaku bagi Pemimpin Redaksi (Pemred) dan jajaran redaksional serta  wartawan kami di Purwokerto, dan Jawa Timur, ada pun untuk Kepala Biro tetap ditiadakan atau dihapus sampai ada pemberitahuan lebih lanjut dari redaksi. Tabik! (sam)

Kode Etika

Dalam menjalankan tugasnya, wartawan Matamatanews.com selalu berpegang kepada Undang-Undang yang berlaku, dan mengedepankan kode etik jurnalistik sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam tugas keseharian

Dalam menjalankan tugasnya, wartawan Matamatanews.com selalu berpegangan kepada Undang-Undang Pers yang berlaku. Bekerja dengan mengedepankan kode etik jurnalistik, menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dalam tugas sehari-hari dengan mengusung profesionalisme yang tinggi. Selain diberikan tanda pengenal resmi atau surat tugas, awak redaksi Matamatanews.com juga melakukan pelatihan jurnalistik secara berkala untuk mengembangkan kompetensi di dunia jurnalistik. Pelatihan dilakukan secara internal dan eksternal dengan melibatkan sejumlah organisasi resmi kewartawanan.

Hal tersebut dilakukan, demi menjadikan Matamatanews.com sebagai media yang dapat dipertanggungjawabkan dari sisi konten. Sebab, sebagai bagian dari pers nasional, Matamatanews.com memiliki visi dan misi sebagai media dengan fungsi informasi, pendidikan, hiburan dan yang tak kalah pentingnya, sebagai kontrol sosial.Kritik dan saran para pembaca sangat kami harapkan demi perkembangan dan kemajuan Matamatanews.com.

 

 

sam

No comment

Leave a Response