Pentagon Sebut Pengganti Ketua ISIS Masih Buron

 

Matamatanews.com, PENTAGON—Menyusul adanya pemberitaan tertangkapnya pengganti Ketua ISIS Abu Bakr al-Baghdadi oleh intelijen Irak, Pentagon mengatakan bahwa pria yang diyakini sebagai kepala baru organisasi teroris itu masih buron.

Pada hari Rabu (20/5/2020) lalu Al Arabiya  telah melaporkan bahwa Abdulnasser al-Qirdash , seorang pemimpin senior ISIS telah ditangkap dan pihak intelijen Irak  meyakini bahwa yang bersangkutan merupakan kandidat yang paling cocok untuk menggantikan al-baghdadi yang tewas pada Oktober 2019 lalu.Tapi nama pria yang dipercaya sebagai kepala baru ISIS itu adalah Abdullah Qirdash.

"Pengganti Baghdadi, 'Abdullah Qardash,' tidak ditangkap. Dia masih bebas, “ kata juru bicara Pentagon  Sean Robertson,  kepada Al Arabiya.

"Pemimpin ISIS yang menjadi berita utama di Irak, Abdulnasser Qardash, ditangkap di Baghouz (Suriah) oleh SDF (Pasukan Demokrat Suriah) pada Maret 2019 dan baru-baru ini dipindahkan ke tahanan Irak, bukan yang baru ditangkap oleh pasukan Irak," kata Robertson dalam emailnya .

Abdulnasser Qardash adalah pemimpin senior ISIS, katanya dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Al Arabiya.

“Saya adalah wakil gubernur di utara bersama Abu Musab al-Quraishi. Jadi mereka memanggil saya, Abu Musab menjadi amir komite Irak, dan saya kembali menjadi amir dari utara, ”katanya.

Abdulnasser mengatakan dia dan yang lainnya bertemu dengan al-Baghdadi untuk meninjau kembali posisi kepemimpinan baru, tetapi ia menolak untuk melakukannya sehingga dirinya "terisolasi dari seluruh perselingkuhan."

"Bahkan posisi saya sebagai wakil gubernur utara saya terisolasi dari itu," katanya.

Ada beberapa kebingungan mengenai berita penangkapan ketika beberapa media Irak melaporkan penangkapan yang dilakukan Dinas Intelijen Nasional Irak terhadap Abdulnasser al-Qirdash yang diyakini sebagai kandidat untuk menggantikan pemimpin ISIS al-Baghdadi.

Pada saat penangkapan, NISS merilis pernyataan bahwa penangkapan Abdulnasser al-Qirdash tanpa mengklarifikasi bahwa mereka memiliki tahanan pemimpin senior ISIS dari rekan-rekan Suriah.

"Pasukan Keamanan Irak terus mendapatkan informasi dari operasi ISIS yang ditangkap dan telah melakukan lebih dari dua lusin kekalahan-operasi ISIS dalam seminggu terakhir," kata juru bicara Pentagon.(cam/berbagai sumber)

redaksi

No comment

Leave a Response